Kompas.com - 07/02/2020, 13:06 WIB
Postingan mengenai daerah rawan Klithih viral di Twitter (04/02/2020). Twitter: @Azharceria10Postingan mengenai daerah rawan Klithih viral di Twitter (04/02/2020).

KOMPAS.com - Beberapa hari yang lalu, warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) khususnya di media sosial Twitter diramaikan dengan tanda pagar (tagar) #DIYdaruratklitih.

Dalam tagar itu dinformasikan daftar daerah rawan klitih yang dibuat oleh salah satu akun Twitter. Setelah ditelusuri, tagar itu dibuat oleh salah satu warga Yogyakarta.

Saat dikonfirmasi terkait twit tersebut, pemilik akun @Azharceria10, Azhar Nurrahmat mengaku daftar atau list yang dibagikannya di Twitter tersebut didapatkannya dari pengalaman pribadi dan teman-temannya.

Alasan lain dia membuat tagar dan sampai diretweet ribuan kali tersebut karena dia pernah berhadapan langsung dengan pelaku klitih.

Baca juga: Viral Daerah Rawan Klithih di Yogyakarta, Fakta atau Hoaks?

1. Daftar daerah rawan klitih, hoaks!

Dihubungi terpisah, Kasubag Humas Polres Sleman Iptu Edy Widaryanto menjelaskan informasi adanya daftar daerah-daerah yang rawan klitih di media sosial itu adalah tidak benar alias hoaks.

"Menurut saya itu hoaks, sumber info juga tidak jelas," ujarnya pada Kompas.com, Selasa (4/2/2020).

Sebab, pihaknya tidak pernah mengeluarkan rilis terkait daerah-daerah rawan klitih tersebut hingga viral di media sosial.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Apa itu klitih?

Sebelum berbicara panjang lebar, ada baiknya masyarakat tahu apa itu klitih atau klithih, hingga sampai ramai di dunia maya khususnya di Yogyakarta.

Dikutip dari Harian Kompas, 18 Desember 2016, dalam Kamus Bahasa Jawa SA Mangunsuwito, kata klithih tidak berdiri tunggal, tetapi merupakan kata ulang, yaitu klithah-klithih.

Sedangkan kata klithah-klithih itu dimaknai sebagai berjalan bolak-balik agak kebingungan. Sama sekali tidak ada unsur kegiatan negatif di sana.

Namun, kini klithah-klithih merujuk pada tindakan negatif atau dipakai untuk menunjuk aksi kekerasan dan kriminalitas. Bahkan kata itu juga dipakai sebagian yakni menjadi klitih.

Baca juga: #DIYdaruratklitih Ramai di Twitter, Apa Itu Klitih?

Lebih parahnya lagi, klitih kini dijadikan suatu aksi kekerasan oleh remaja di Yogyakarta.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X