Lulus SMK Lalu Apa? Berikut 4 Hal yang Bisa Dilakukan

Kompas.com - 10/02/2020, 13:56 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|

KOMPAS.com - Terkadang ada pertanyaan yang muncul bagi lulusan SMK. Apa itu? Biasanya pertanyaannya adalah "Mau ke mana setelah lulus?". Tentu hal ini membuat sebagian lulusan SMK bingung untuk menjawabnya.

Tapi bagi lulusan yang sudah punya bekal ilmu dan keterampilan yang cukup pasti bisa menjawab dengan yakin. Yakni bisa langsung kerja. Namun, kerja apa itu?

Dirangkum dari laman Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), ini 4 hal yang bisa dilakukan bagi lulusan SMK.

Baca juga: Info Magang Kerja di Indofood bagi Lulusan SMK hingga Sarjana

1. Kerja di perusahaan

Impian bagi lulusan SMK pasti dapat pekerjaan. Sebab, selama 3-4 tahun di sekolah sudah mendapatkan ilmu teori maupun berhadapan dengan alat-alat praktikum.

Jadi, sekarang waktunya untuk mempraktikkan ilmu yang sudah kamu dapatkan. Jika ada lowongan kerja khusus SMK, maka segera daftar. Mereka biasanya percaya bahwa semangat belajar lulusan SMK belum luntur alias masih menggebu-gebu.

Terlebih dengan alat-alat baru yang di sekolah belum pernah dilihat secara langsung membuat lulusan SMK ingin segera praktik bekerja di perusahaan.

Untuk mencari perusahaan yang tepat, kamu harus rajin berselancar di internet dan mulailah dengan memperbaiki portofoliomu. Kumpulkan hasil tugas-tugas menjadi satu folder agar HRD di perusahaan tertarik merekrutmu.

Selain itu, kamu juga bisa bertanya ke Bursa Kerja Khusus (BKK) yang ada di sekolahmu karena biasanya setiap SMK bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan, termasuk rekrutmen lulusan.

2. Buka usaha/bisnis

Jika kamu ternyata tidak diterima di suatu perusahaan, jangan khawatir. Sebab masih banyak jalan untuk menuju kesuksesan. Tapi bagaimana caranya?

Caranya ialah buka usaha atau bisnis. Lulusan SMK tentu sudah dilatih untuk berbisnis di masing-masing sekolah. Beraneka macam produk dari berbagai jurusan bisa dihasilkan oleh lulusan SMK. Jasa pun seringkali dipraktikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X