"Maha Patih Gajah Mada" Ajak Siswa Binus School Bersikap Patriotisme

Kompas.com - 11/02/2020, 11:22 WIB
Drama musikal Maha Patih Gajah Mada Binus School Serpong, Jumat (7/2/2020) Dok. KOMPAS.com/ Binus School SerpongDrama musikal Maha Patih Gajah Mada Binus School Serpong, Jumat (7/2/2020)

KOMPAS.com - “I am Mahapatih Gajah Mada, this is the story of my dreams, and I shall continue to build a greater Nusantara!”

Anak adalah peniru dan pembelajar yang pintar. Sehingga mengenalkan anak pada sosok dengan karakter terpuji bisa membuat mereka menyerap nilai-nilai baik yang dimiliki sang sosok.

Inilah yang dilakukan Binus School melalui drama musikal "Maha Patih Gajah Mada" yang ditampilkan oleh murid TK dan SD. Melibatkan 213 siswa-siswi TK dan SD, 147 guru, dan 33 orangtua murid.

Kolaborasi antara guru, orangtua dan murid sukses membuat tampilan Sjuman Hall Binus School Serpong tampak seperti zaman kerajaan. Tujuannya untuk menghidupkan kembali sejarah dan budaya bangsa Indonesia agar nilai-nilai bangsa lebih mudah diserap oleh siswa-siswi Binus School Serpong.

Baca juga: Jakarta Model Parliament, Cara Siswa NHJS Peduli Persoalan Bangsa

"Tokoh Gajah Mada ini mencerminkan nilai yang memang ingin kami galakkan di sekolah, yaitu Patriotisme. Binus School Serpong memang sekolah yang mengadopsi kurikulum internasional, namun kami percaya dan tekankan ke siswa-siswi bahwa karakter yang tidak melupakan di mana akar kita bertumbuh itulah yang akan membawa kita untuk sukses di dunia global, dalam hal ini adalah Indonesia. Oleh sebab itulah kami mengangkat tema Maha Patih Gajah Mada," papar kepala sekolah TK-SD Binus School Serpong Elsie L. Bait, di Binus School Serpong, Jumat (7/2/2020)

Untuk menampilkan karya yang penuh nilai kolaborasi, dibutuhkan waktu sekitar 7 bulan untuk mencapai kekompakan dari 393 orang. Pasalnya, tak sekadar nilai-nilai kebangsaan yang ingin ditanamkan, melainkan juga nilai-nilai karakter.

Melalui beragam proses, diharapkan anak memiliki karakter kerja sama, kerja keras, kesabaran, dan pantang menyerah. Termasuk mengasah talenta seperti seni peran, tari-tarian, angklung, drum band, paduan suara, taekwondo dan juga seni rupa.

Binus School Serpong berharap agar bakat ini tidak berhenti di produksi ini saja, namun terus dikembangkan hingga mampu untuk berdampak bagi Indonesia dan bahkan dunia.

Drama musikal ini bercerita tentang perjalanan hidup Mahapatih Gajah Mada, dimulai dari hidupnya yang sederhana hingga masa kejayaannya di Majapahit. Tentang tantangan dan bagaimana ia mengatasinya untuk menggapai mimpi menyatukan Nusantara.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X