6 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Belajar, Apa Saja?

Kompas.com - 12/02/2020, 08:00 WIB
Ilustrasi belajar. SHUTTERSTOCKIlustrasi belajar.

KOMPAS.com - Belajar merupakan kegiatan yang perlu dilakukan sepanjang hidup. Dengan belajar, kamu akan mendapatkab pengetahuan, pengalaman, keterampilan baru untuk memperkaya hidupmu.

Meskipun kegiatan belajar sudah sering dilakukan bahkan sejak sekolah dasar hingga kerja, ternyata masih banyak lho yang melakukan kesalahan saat belajar.

Saat melakukan kesalahan ketika belajar, banyak hal yang akan terpengaruh seperti nilai, pemahaman tentang sesuatu topik, rumus, soal, dan lainnya.

Baca juga: 4 Manfaat Gap Year, Salah Satunya Belajar Mandiri dari Orangtua

Tentu rasanya tak enak ketika sudah serius belajar, ternyata masih melakukan kesalahan. Lalu apa saja sih kesalahan dalam belajar?

Berikut kesalahan-kesalahan dalam belajar seperti dirangkum dari Rencanamu.id.

1. Belajar dengan metode menghafal

Siapa yang masih belajar dengan metode menghafal? Ayo angkat tangan!

Seringkali siswa-siswa belajar dengan metode menghafal materi-materi pelajaran mulai dari rumus, bahan bacaan, dan lainnya.

Metode menghafal menyebabkan kita kurang memahami konsep pelajaran yang sedang dipelajari. Kita pun tak bisa terus menerus menghafal karena akan ada sebuah masa kita akan melupakan materi tersebut.

Daripada menghafal terus menerus, lebih kamu mencoba untuk memahami hal yang kamu baca. Setelah memahaminya, kamu akan lebih mudah untuk mengingat materi yang kamu baca.

2. Belajar kalau ada ujian

Siapa yang belajar hanya ketika jelang ujian apalagi satu malam jelang ujian? Hayo ngaku...

Saat belajar hanya menjelang ujian, kamu akan mudah untuk melupakan materi yang telah kamu pelajari. Padahal setelah ujian, materi yang kamu pelajari akan terus berlanjut untuk ujian tersebut baik Ujian Tengah Semester atau Ujian Akhir Sekolah.

Jika diantara kamu belajar dengan sistem kebut semalam, materi yang dipahami tak semaksimal saat belajar dari jauh-jauh hari. Jadi, jangan belajar jelang ujian saja, ya!

3. Nggak mau mencoba mengembangkan materi

Ketika belajar hanya jelang ujian, ilmu yang kamu hanya seputar materi yang diujikan saja. Padahal, mempelajari materi-materi yang terkait itu juga penting untuk memberikan pemahaman yang lengkap.

Jika kamu tak mengembangkan materi yang kamu pelajari, sayang sekali lho! Padahal, alangkah baiknya jika belajar tentang sesuatu materi secara mendalam.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X