Universitas Bakrie Dorong Sarjana Teknik Legal dan Bertaraf Global lewat Registrasi Insinyur

Kompas.com - 12/02/2020, 14:34 WIB
Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Universitas Bakrie (UB) dan Persatuan Insinyur Indonesia (PII), di Ruang Nusantara Bakrie Tower, Epicentrum, Selasa (2/2/2020). Dok. KOMPAS.com/AYUNDA PININTA KASIHPenandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Universitas Bakrie (UB) dan Persatuan Insinyur Indonesia (PII), di Ruang Nusantara Bakrie Tower, Epicentrum, Selasa (2/2/2020).

KOMPAS.com - Memiliki banyak lulusan Sarjana Teknik, Universitas Bakrie (UB) bekerja sama dengan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) sepakat mendorong Sarjana Teknik untuk legal berpraktik sekaligus memiliki kompetensi unggul.

"Di dalam Kelompok Usaha Bakrie, banyak sekali Sarjana Teknik yang harus diinsinyurkan dan miliki Surat Tanda Registrasi Insinyur atau STRI, agar ia legal berpraktik keinsinyuran," ujar Rektor UB Prof Ir Sofia W Alisjahbana di acara penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara UB dan PII, di Ruang Nusantara Bakrie Tower, Epicentrum, Selasa (2/2/2020).

Agar legal berpraktik keinsinyuran, maka Sarjana Teknik perlu memiliki Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI) agar terhindar dari jerat pidana.

Jerat pidana untuk insinyur yang tak miliki STRI tercantum dalam Pasal 15 UU No 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran. "Insinyur yang melakukan kegiatan Keinsinyuran tanpa memiliki Surat Tanda Registrasi Insinyur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10 dikenai sanksi administratif," tulis Pasal 15 Ayat 1.

Lebih lanjut Pasal 15 Ayat 2 menjelaskan, "Sanksi administratif sebagaimana dimaksud pada ayat 1 berupa peringatan tertulis dan atau penghentian sementara kegiatan Keinsinyuran.

Baca juga: 4 Jurusan Teknik Jarang Dilirik tapi Banyak Dibutuhkan

Kesepakatan untuk mendorong Sarjana Teknik miliki STRI sendiri menjadi salah satu butir MoU yang ditandatangani Rektor UB dengan Ketua Umum PII Dr Ir Heru Dewanto.

Lebih lanjut Heru menjelaskan, STRI tak semata hanya untuk legalisasi, namun juga membuat Sarjana Teknik Indonesia setara dengan insinyur di tingkat ASEAN dan Pasifik.

Tahapan memperoleh STRI

"Sama seperti dokter, insinyur juga harus menjalani program profesi karena menyangkut hidup orang banyak. Misalnya kalau desain bangunan yang dibuat tidak sesuai standar, maka bisa mencelakakan banyak orang," jelas Heru.

Itulah mengapa, hanya pemegang STRI yang dapat melakukan praktik keinsinyuran di Indonesia.

Untuk mendapatkan STRI, Sarjana Teknik perlu melalui sejumlah tahapan yakni lebih dulu menjalani program profesi untuk kemudian mendapat gelar insinyur (Ir).

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X