4 Jurusan Teknik Jarang Dilirik tapi Banyak Dibutuhkan

Kompas.com - 18/07/2019, 15:19 WIB
Ilustrasi insinyur ThinkstockIlustrasi insinyur

KOMPAS.com – Berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia menawarkan beragam jurusan atau program studi. Pendaftaran telah dibuka dalam beberapa bulan ini, bahkan ada yang sudah melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020.

Persaingan pun terjadi di antara lulusan SMA, SMK, atau yang sederajat untuk bisa masuk ke kampus pilihannya masing-masing sesuai bakat, minat, dan kemampuan. Sejumlah jurusan favorit tentunya banyak diminati calon mahasiswa baru, tetapi karena daya tampungnya terbatas sehingga mereka harus bersaing ketat.

Begitu pula di bidang teknik. Beberapa jurusan yang difavoritkan misalnya teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro, dan teknik arsitektur.

Selain itu, ada jurusan lain yang peminatnya kurang, tetapi sebenarnya memberikan peluang kerja yang cukup menjanjikan setelah lulus nanti.

Baca juga: 3 Jurusan Bidang Kesehatan Ini Sangat Dibutuhkan tapi Sepi Peminat

Selama kita merasa mampu, tidak ada salahnya mencoba kuliah di jurusan tersebut. Sebab, sedikitnya peminat tentu memberikan kesempatan lebih besar untuk diterima.

Apa sajakah jurusan teknik tersebut? Simak rinciannya sebagai berikut, seperti disarikan dari berbagai sumber:

1. Jurusan Teknik Kelautan

Tidak banyak orang yang berminat masuk jurusan ini, padahal lulusannya masih terus dibutuhkan dalam dunia kerja.

Mahasiswa yang kuliah di jurusan ini akan mempelajari tentang sistem konstruksi di tengah laut atau biasa disebut anjungan lepas pantai.

Mereka belajar tentang desain konstruksi bangunan, perpipaan, dan hal lain yang berhubungan dengan itu.

Biasanya pekerjaan itu dilakukan di perusahaan pertambangan minyak dan gas. Karena lulusan dari teknik kelautan masih sedikit, tentunya gaji yang ditawarkan pun cukup besar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X