5 Tips Memilih Bimbel Tepat untuk Hadapi Ujian Nasional hingga UTBK

Kompas.com - 12/02/2020, 18:40 WIB
Ilustrasi sekolah di luar negeri ThinkstockIlustrasi sekolah di luar negeri


KOMPAS.com - Ada banyak usaha yang bisa dilakukan untuk mendapatkan nilai UTBK tinggi dan lolos ke jurusan impian di universitas favorit. Salah satunya mengikuti bimbingan belajar ( bimbel) di lembaga les.

Namun, memilih bimbel juga butuh pertimbangan. Sebab selain jumlahnya yang ratusan, sejumlah bimbel mematok harga yang mahal di samping beragam janji manis "Lulus PTN" yang belum tentu bisa dibuktikan kebenarannya.

Melansir Rencanamu.id, berikut pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum memilih bimbel.

1. Tipe kelas

Kebutuhan bimbel setiap siswa bisa berbeda. Bila ada teman yang merasa nyaman di bimbel A, bisa jadi itu tidak berlaku untuk kamu.

Baiknya, pertimbangkan dulu apakah kamu termasuk orang yang nyaman belajar ramai-ramai, di grup kecil, atau mungkin privat.

Baca juga: PTN Paling Sulit Ditembus di SBMPTN, Intip Skor UTBK dan Keketatannya

Dengan begitu, kamu bisa mencari bimbel yang menyediakan kelas yang bisa membuat kamu nyaman untuk belajar. Bila sudah merasa nyaman, maka kamu akan lebih mudah menyerap pelajaran hingga mengerjakan soal-soal.

2. Lokasi

Pilihlah bimbel yang dekat dengan lokasi sekolah atau rumah agar tenaga kamu tak habis di jalan dan membuat sesi bimbel menjadi melelahkan.

Misalnya, rumah berada di Bintaro dan sekolah di daerah Blok M, maka hindari mencari bimbel di Depok hanya karena ingin masuk Universitas Indonesia (UI).

Baca juga: 3 Pilihan Beasiswa S1 Universitas Bakrie, Nilai Rapor Minimal 7.0

Walau di sekitar UI ada banyak bimbel alumni, namun bukan berarti hanya bimbel itu yang terbaik. Bisa-bisa tenaga habis di jalan dan membuat kamu kelelahan. Alih-alih belajar, kamu justru berpotensi ketiduran.

3. Kredibilitas

Bimbel berbiaya mahal dengan tawaran janji manis belum tentu menjadi bimbel yang terbaik. Agar tak termakan janji, kamu perlu menyelidiki reputasi bimbel, bisa dengan cara browsing, bertanya dengan orang-orang yang pernah les, serta melihat prospek lulusannya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X