Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Memilih Bimbel Tepat untuk Hadapi Ujian Nasional hingga UTBK

Kompas.com - 12/02/2020, 18:40 WIB
Ayunda Pininta Kasih,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Ada banyak usaha yang bisa dilakukan untuk mendapatkan nilai UTBK tinggi dan lolos ke jurusan impian di universitas favorit. Salah satunya mengikuti bimbingan belajar (bimbel) di lembaga les.

Namun, memilih bimbel juga butuh pertimbangan. Sebab selain jumlahnya yang ratusan, sejumlah bimbel mematok harga yang mahal di samping beragam janji manis "Lulus PTN" yang belum tentu bisa dibuktikan kebenarannya.

Melansir Rencanamu.id, berikut pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum memilih bimbel.

1. Tipe kelas

Kebutuhan bimbel setiap siswa bisa berbeda. Bila ada teman yang merasa nyaman di bimbel A, bisa jadi itu tidak berlaku untuk kamu.

Baiknya, pertimbangkan dulu apakah kamu termasuk orang yang nyaman belajar ramai-ramai, di grup kecil, atau mungkin privat.

Baca juga: PTN Paling Sulit Ditembus di SBMPTN, Intip Skor UTBK dan Keketatannya

Dengan begitu, kamu bisa mencari bimbel yang menyediakan kelas yang bisa membuat kamu nyaman untuk belajar. Bila sudah merasa nyaman, maka kamu akan lebih mudah menyerap pelajaran hingga mengerjakan soal-soal.

2. Lokasi

Pilihlah bimbel yang dekat dengan lokasi sekolah atau rumah agar tenaga kamu tak habis di jalan dan membuat sesi bimbel menjadi melelahkan.

Misalnya, rumah berada di Bintaro dan sekolah di daerah Blok M, maka hindari mencari bimbel di Depok hanya karena ingin masuk Universitas Indonesia (UI).

Baca juga: 3 Pilihan Beasiswa S1 Universitas Bakrie, Nilai Rapor Minimal 7.0

Walau di sekitar UI ada banyak bimbel alumni, namun bukan berarti hanya bimbel itu yang terbaik. Bisa-bisa tenaga habis di jalan dan membuat kamu kelelahan. Alih-alih belajar, kamu justru berpotensi ketiduran.

3. Kredibilitas

Bimbel berbiaya mahal dengan tawaran janji manis belum tentu menjadi bimbel yang terbaik. Agar tak termakan janji, kamu perlu menyelidiki reputasi bimbel, bisa dengan cara browsing, bertanya dengan orang-orang yang pernah les, serta melihat prospek lulusannya.

Baiknya hindari bimbel yang menjanjikan memiliki bocoran soal ujian. Sebab, itu bisa membuat kamu menjadi malas mengeksplorasi soal, bahkan gagal bila soal ujian tidak seperti yang diperkirakan.

Belum lagi, ada potensi terkena razia gara-gara mendapat bocoran soal ujian.

4. Pengajar

Pengajar adalah faktor yang sangat perlu dipertimbangkan. Pengajar atau mentor baiknya bisa membuat kamu lebih mudah memahami soal dan memberi membimbing bagaimana cara mengerjakan soal dengan cepat namun tepat.

Untuk itu, carilah informasi ke banyak orang tentang beragam bimbel dan metode belajar yang diterapkan oleh pengajarnya. Di era digital, kamu bisa mencari info lulusan atau testimoni tentang bimbel melalui media sosial.

Baca juga: Beasiswa Universitas Pertahanan, Biaya Kuliah dan Hidup Dijamin Penuh

5. Fasilitas

Tak kalah penting, tanyakan pula fasilitas apa saja yang akan kamu dapat selama bergabung dengan bimbel tersebut. Mulai dari buku-buku, sesi try out, sesi bimbingan khusus dengan mentor, hingga ruang kelas yang nyaman.

Jangan sampai, sesi bimbel sama dengan belajar di kelas umum, yakni terlalu banyak murid, pengajaran tidak intensif, dan kemampuan kamu lamban bertambah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com