Perbedaan Prodi Ilmu Komputer dan Teknik Komputer Berikut Prospek Karier

Kompas.com - 16/02/2020, 16:42 WIB
Ilustrasi komputer jinjing atau laptop ShutterstockIlustrasi komputer jinjing atau laptop
|

KOMPAS.com - Sepintas, kedua jurusan atau program studi ( prodi) ini mirip. Tak heran jika calon mahasiswa juga dibuat bingung untuk memilihnya.

Namun, Prodi Ilmu Komputer dan Teknik Komputer punya perbedaan. Lantas apa perbedaan kedua prodi ini? Terus, bagaimana prospek kerjanya nanti kedepan?

Dirangkum dari Rencanamu.id, ini dia perbedaan Prodi Ilmu Komputer dan Teknik Komputer.

1. Prodi Ilmu Komputer

Prodi ini sering berada di bawah Fakultas Ilmu Komputer. Jika kamu ambil jurusan ini, nanti akan belajar prinsip-prinsip ilmu komputer, analisa matematis untuk desain, pengembangan, pengujian, evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer.

Baca juga: 4 Jurusan Kuliah Kekinian dengan Prospek Karier Menjanjikan

Untuk prodi ini bisa terlibat dalam desain dan pengembangan berbagai jenis aplikasi dan perangkat lunak. Termasuk pengembangan games, aplikasi bisnis, sistem operasi dan jaringan distribusi.

Dari ilmu komputer ini juga dapat mengkonversi sebuah program ke dalam bahasa mesin agar bisa dibaca dan dieksekusi sebuah komputer.

Ilmu ini bisa diibaratkan lebih banyak belajar teori sains dari komputer, karena akan membahas lebih dalam tentang algoritma, konsep pemikiran sebuah aplikasi, dan teori jaringan.

Ketika skripsi, mahasiswa nanti boleh membahas sebuah teori/algoritma tertentu tanpa harus membuat aplikasinya.

Prodi Ilmu Komputer diharapkan menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang cukup luas dimulai dari penguasaan teori dan pengembangan software.

Prospek kerja

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X