Catat! Ini Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Calon Mahasiswa Baru, SNMPTN 2020 Bisa?

Kompas.com - 19/02/2020, 06:15 WIB
Sejumlah siswa menunjukan Kartu Indonesia Pintar (KIP) beserta buku rekening tabungan BRI dalam sosialisasi dan percepatan pencairan dana Program Indonesia Pintar (PIP) di SMP Negeri 4, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/8).  Kemendikbud melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama menggelar sosialisasi sekaligus percepatan pencairan dana PIP secara serentak di berbagai kabupaten atau kota di seluruh Indonesia, agar siswa dari keluarga tidak mampu dapat menggunakan manfaat PIP untuk keperluan sekolah secepatnya. ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya/aww/17. ANTARA FOTO/Yulius Satria WijayaSejumlah siswa menunjukan Kartu Indonesia Pintar (KIP) beserta buku rekening tabungan BRI dalam sosialisasi dan percepatan pencairan dana Program Indonesia Pintar (PIP) di SMP Negeri 4, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/8). Kemendikbud melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama menggelar sosialisasi sekaligus percepatan pencairan dana PIP secara serentak di berbagai kabupaten atau kota di seluruh Indonesia, agar siswa dari keluarga tidak mampu dapat menggunakan manfaat PIP untuk keperluan sekolah secepatnya. ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya/aww/17.
|


KOMPAS.com - Khusus bagi calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu dan lulus SMA, SMK, MA/Sederajat pada tahun 2018-2020, bisa mendaftar untuk mendapatkan Kartu Indonesia Pintar ( KIP) Kuliah.

Dalam keterangan tertulis di laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Na’im di Kantor Kemendikbud Jakarta, Senin (17/2/2020) menjelaskan terkait bantuan biaya pendidikan melalui KIP Kuliah.

Dari keterangan itu, data yang diperlukan untuk pendaftaran KIP Kuliah sama dengan persyaratan mendapatkan Bidikmisi, yakni:

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  • Alamat email

Baca juga: Jelang Seleksi Masuk Perguruan Tinggi, Ini Cara Daftar KIP Kuliah 2020

Nantinya, jika setelah diverifikasi oleh sistem maka calon akan menerima nomor pendaftaran dan kode akses untuk mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Namun, bagaimana jika ada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu tetapi belum memiliki KIP atau orangtua mahasiswa belum terdaftar sebagai penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)?

Jawabannya, masih mungkin menerima KIP Kuliah selama lolos seleksi dan verifikasi kondisi ekonomi oleh perguruan tinggi terkait.

Pendaftaran KIP Kuliah di SNMPTN 2020

Lantas, apakah bisa KIP Kuliah digunakan untuk mendaftar seleksi masuk PTN melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020?

Jawabannya, pihak Kemendikbud mempersilahkan untuk mendaftar ke laman KIP Kuliah terlebih dahulu untuk mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses.

Ternyata, KIP Kuliah juga bisa digunakan untuk mendaftar di jalur SNMPTN 2020. Untuk pendaftaran KIP Kuliah di SNMPTN dapat dilakukan pada awal bulan Maret 2020 hingga 31 Maret 2020.

Baca juga: LTMPT Bagikan 7 Tips dan Trik Daftar SNMPTN 2020

Pendaftaran dilakukan secara online pada laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Namun, calon mahasiswa yang tidak membutuhkan dukungan KIP Kuliah dan ingin mendaftar seleksi masuk PTN melalui jalur SNMPTN dapat melakukan pendaftaran hingga 27 Februari 2020.

"Bagi calon mahasiswa yang membutuhkan dukungan KIP Kuliah diharapkan untuk tenang dan memantau perkembangan di kanal Kemendikbud. Informasi lebih lengkap terkait KIP Kuliah akan diumumkan pada awal Maret," jelas Ainun Na'im.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X