Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal Perlu Diperhatikan Sebelum Ikut "Volunteering" Luar Negeri

Kompas.com - 19/02/2020, 18:24 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak kesempatan keluar negeri saat menjalani pendidikan mulai dari pertukaran pelajar/mahasiswa hingga mengikuti workshop. Namun, ada yang tak kalah seru untuk dicoba yaitu kegiatan volunteering.

Kamu bisa menemukan tawaran kegiatan volunteering ke luar negeri dari berbagai organisasi seperti AISEC, WWOOF, United Nations Volunteer, dan lainnya. Kamu bisa menemukan beragam tawaran kegiatan volunteering yang menarik untuk dicoba di luar negeri.

Nah, volunteering punya banyak manfaat seperti belajar beradaptasi di lingkungan yang berbeda budaya, belajar bahasa asing, dan melatih kemandirian. Selain itu, kamu juga bisa menambah jejaring pertemanan lintas negara.

Gimana, tertarik mencoba volunteering ke luar negeri? Sebelum mencoba, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan nih. Simak informasinya seperti dikutip dari Rencanamu.id.

1. Ketahui organisasi atau lembaga yang menyelenggarakan kegiatan volunteer

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum ikut kegiatan volunteering ke luar negeri adalah mencari tahu organisasi atau lembaga yang menyelenggarakan kegiatan volunteer.

Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui rekam jejak organisasi atau lembaga penyelenggara kegiatan volunteer.

Baca juga: Yuk, Ikut Workshop Membangun Budaya Damai di Korea, Bebas Biaya

Setelah mengetahui rekam jejak, kamu bisa memutuskan apakah lembaga tersebut kredibel atau tidak.

2. Biaya mengikuti kegiatan volunteer

Siapa yang berpikir kegiatan volunteering itu gratis? Memang ada sebagian kegiatan volunteering yang bebas biaya, tetapi ada juga beberapa organisasi atau lembaga yang membebankan biaya untuk peserta volunteering.

Mungkin kalian akan berpikir "Kita sudah membantu mereka, kok harus membayar?". Ya, setiap organisasi memiliki kebijakan yang berbeda dalam pembiayaan seperti penerapan biaya administrasi di tempat kegiatan volunteering.

Oleh karena itu, pastikan cari tahu biaya administrasi sebelum melamar kegiatan volunteering. Jika menggunakan mata uang asing, cari tahu konversinya ke dalam rupiah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com