6 Alasan Kenapa Belajar Ilmu Politik, Berikut Prospek Kariernya

Kompas.com - 21/02/2020, 09:58 WIB
Magnet kulkas bergambar tokoh-tokoh filsuf merupakan suvenir khas Athena, Yunani. NUR FEBRIANI WARDIMagnet kulkas bergambar tokoh-tokoh filsuf merupakan suvenir khas Athena, Yunani.
|


KOMPAS.com - Proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri saat ini masih memasuki masa pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020. Disamping itu, masih ada lagi jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020.

Jika kamu berniat ingin masuk di PTN, maka harus segera mengikuti alur pendaftarannya. Baik untuk SNMPTN 2020, SBMPTN 2020 atau jalur mandiri dari masing-masing kampus.

Khusus bagi kamu yang ingin mempelajari ilmu politik, maka harus paham betul kenapa ambil program studi (prodi) ini.

Dirangkum dari laman Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga (Unair), ini dia 6 alasan jika kamu belajar Prodi Ilmu Politik berikut prospek kariernya nanti.

Baca juga: Tata Cara Mudah Pendaftaran SNMPTN 2020

1. Merupakan disiplin ilmu tertua

Jika melihat ke belakang, ilmu politik adalah ilmu sosial yang tertua di dunia. Sebab, gagasan-gagasan tentang bernegara ternyata sudah berkembang seiring dengan lahirnya negara itu sendiri.

Pada saat itu, pembahasan tentang politik lebih banyak dikaitkan dengan sejarah dan filsafat. Jadi, ilmu ini ternyata sudah lama berkembang dulunya.

2. Bisa belajar pemikiran filosof

Karena menjadi disiplin ilmu tertua, maka gagasan tentang bernegara sudah banyak dikembangkan oleh para filosof atau filsuf sejak masa Yunani Kuno, tepatnya tahun 450 sebelum masehi.

Kala itu, pemikiran tentang bernegara banyak dikembangkan oleh para pemikir seperti Plato, Socrates, dan Aristoteles. Jadi, kamu juga bisa belajar dari pemikiran-pemikiran filsuf tersebut.

3. Terus berkembang sesuai zaman

Seiring berkembangnya zaman, ilmu ini pasti juga mengikutinya. Sebab, aspek-aspek yang dipelajari saat kamu menempuh prodi ini juga bakal meluas.

Belajar politik tak hanya belajar tentang bentuk negara saja, tetapi kamu juga belajar tentang masyarakat beserta kepentingan di dalamnya. Misalnya gender, politik identitas, hubungan antara negara dan agama, juga masih banyak lagi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X