Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/02/2020, 12:39 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Informasi terbaru datang dari panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020, yakni Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Apa saja itu? Ternyata, infonya mengenai pemberitahuan pendaftaran SNMPTN 2020 tinggal menyisakan waktu 7 hari saja. Atau kini sudah memasuki H-7 batas akhir pendaftarannya, Jumat (21/2/2020).

Tak hanya itu saja, melansir dari akun resmi Instagram LTMPT, ada beberapa hal yang harus dipahami bagi calon mahasiswa baru. Isinya ialah:

1. Siswa yang eligible (berhak daftar) dan tidak mengajukan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, dimohon segera mendaftar dan melakukan finalisasi.

2. Siswa yang eligible dan akan mengajukan KIP Kuliah, dimohon segera mendaftar sampai mengisi pilihan PTN dan Prodi saja. Finalisasi dilakukan jika sudah memiliki KIP Kuliah.

Baca juga: Calon Penerima KIP Kuliah Bisa Daftar SNMPTN 2020, Perhatikan 5 Poin Penting Ini

Untuk batas akhir pendaftaran SNMPTN 2020 ialah 27 Februari 2020, pukul 23.59 WIB. Jadi, informasi ini agar diperhatikan bagi para calon mahasiswa baru khususnya yang eligible.

Dipantau dari Instagram LTMPT, banyak para calon pendaftar yang bertanya mengenai beberapa hal.

Seperti jika sudah melakukan finalisasi tetapi baru mau mengurus KIP Kuliah itu harus bagaimana.

Saat dihubungi Kompas.com, Jumat (21/2/2020), Ketua LTMPT Prof Mohammad Nasih memberikan penjelasan terkait pertanyaan itu.

"Nanti di akhir setelah proses KIP Kuliah selesai akan kita sinkronisasi. Jadi tidak perlu khawatir," ujar Prof Nasih.

Jadwal pendaftaran KIP Kuliah

Untuk pendaftaran KIP Kuliah di SNMPTN 2020 dapat dilakukan pada awal bulan Maret 2020 hingga 31 Maret 2020.

Siswa diminta untuk mengikuti perkembangannya dan dapat dilihat pada laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

5 poin penting KIP Kuliah

1. Calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dipersilahkan mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ sesuai jadwal yang ditetapkan, yakni pada awal Maret sampai 31 Maret 2020.

2. Calon mahasiswa yang sudah memiliki KIP Kuliah dimohon melakukan pendaftaran SNMPTN 2020, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Yakni 14 Februari 2020 sampai 27 Februari 2020 (pukul 23.59 WIB).

Baca juga: Apa Itu KIP Kuliah? Ini Penjelasan dan Fasilitas Pembiayaannya

3. Bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang belum memiliki KIP Kuliah (calon penerima KIP) dimohon tetap melakukan pendaftaran SNMPTN 2020, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Yakni 14 Februari 2020 sampai 27 Februari 2020 (pukul 23.59 WIB) sampai mengisi pilihan Prodi dan PTN.

4. Bagi calon mahasiswa poin/nomor 3 diberi kesempatan untuk melakukan Finalisasi sampai dengan akhir Maret 2020.

5. Setelah masa pendaftaran KIP Kuliah berakhir, akan dilaksanakan Kegiatan Sinkronisasai Data antara Data Pendaftar SNMPTN di LTMPT dengan Data Penerima KIP Kuliah untuk keperluan seleksi. Pendaftaran dianggap sah jika sudah dilakukan Finalisasi. Siswa yang tidak memfinalisasi dianggap belum/tidak mendaftar SNMPTN.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com