6 Hal yang Membuat CV "Fresh Graduate" Dilirik Perusahaan

Kompas.com - 21/02/2020, 13:04 WIB
Ilustrasi surat lamaran kerja. SHUTTERSTOCK/FizkesIlustrasi surat lamaran kerja.

KOMPAS.com - Ada banyak lowongan kerja yang terbuka untuk para " fresh graduate", namun mereka yang telah memiliki pengalaman kerja sering kali juga ikut melamar, sehingga jumlah pelamar jauh lebih banyak ketimbang posisi yang tersedia.

Tak heran, bila pelamar untuk 1 lowongan pekerjaan di situs pencarian kerja jumlahnya bisa mencapai ratusan bahkan ribuan. Padahal, dari sekian banyak pelamar hanya ada 1 kandidat yang akan lolos.

Mau tak mau, itulah kenyataan yang akan kamu hadapi sebagai seorang "fresh graduate" di era kini. Karena itulah, kamu perlu memiliki modal awal yang dapat membuat perusahaan tertarik untuk memanggil kamu ke tahap wawancara kerja.

Modal itu adalah curriculum vitae ( CV). Menurut survei "Transisi Sekolah ke Dunia Kerja: 1001 Langkah Sukses di Masa Depan" yang dilakukan CewekBanget.ID dan HAI Online, ada sejumlah kriteria dalam membuat CV agar tampil berkesan.

Baca juga: Lowongan Eksternal PT KAI untuk Lulusan SLTA/D3/S1

Selain memiliki kompetensi dan pengalaman magang, kriteria CV ini dapat membuat kamu dianggap lebih siap untuk memasuki dunia kerja bahkan berpeluang mendapatkan pekerjaan yang layak.

1. Identitas diri yang lengkap

Ibarat perkenalan, buatlah resume CV sebanyak 1 halaman yang menerangkan siapa diri kamu dan apa yang membuat kamu kompatibel untuk mengisi posisi tersebut.

Sehingga, isi resume tersebut harus berisi tentang jurusan dan universitas, capaian akademik, pengalaman magang yang pernah dijalani, kursus yang mengasah kemampuan, prestasi akademis maupun prestasi di bidang lain, yang diikuti dengan kompetensi yang akhirnya kamu miliki.

Hindari menceritakan kemampuan yang bersifat umbar janji. Misalnya, ketimbang menulis “saya adalah orang yang bertanggung jawab dan pekerja keras” lebih baik “saya menjalani proyek kampus dengan hasil memuaskan.”

2. Deskripsi yang singkat & padat

Dari ratusan lamaran yang diterima, tentu perusahaan tak akan sempat membaca CV yang terlalu penuh kata-kata. Sehingga kamu harus membuatnya singkat dan padat dalam bentuk poin-poin.

3. Soft skill dan hard skill

Hard skill meliputi keahlian utama yang dibutuhkan dunia kerja dan keterampilan khusus yang tidak ada di sekolah. Seperti mengetahui soal mesin kendaraan untuk bidang otomotif, housekeeping di perhotelan, instalasi listrik pada manufaktur dan lainnya tergantung profesi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X