Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2020, 10:01 WIB
Ayunda Pininta Kasih,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah bahasa Inggris, bahasa Mandarin kerap menjadi pilihan bahasa yang paling diminati untuk dipelajari karena banyak pekerjaan yang membutuhkan kemampuan bahasa ini.

Bila kamu tertarik untuk belajar bahasa Mandarin langsung di pusatnya yaitu Taiwan, kamu bisa mendaftar program Beasiswa HES 2020 yang belum lama dipublikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di situs resminya.

Tujuan dari Program Beasiswa HES ini adalah untuk mendorong pelajar internasional (tidak termasuk Cina Daratan, Hong Kong dan Makau) untuk belajar Bahasa Mandarin di Taiwan.

Termasuk menyediakan kesempatan bagi pelajar di luar Taiwan untuk lebih memahami budaya dan masyarakat Taiwan, serta mempromosikan interaksi dan pemahaman bersama antara Taiwan dan masyarakat internasional.

Bila tertarik, periode pengajuan aplikasi berlangsung pada 1 Februari sampai 31 Maret 2020. Masa beasiswa berlangsung selama 6 bulan.

Baca juga: Beasiswa S2 Malaysia, Usia Maksimal 40 dan Tunjangan Bulanan Rp 5 Juta

Cakupan

Tunjangan bulanan sebesar NT$ 25.000 (setara USD$800 atau Rp 11,3 juta).

Syarat peserta

1. Berumur 18 tahun atau lebih, lulusan SMA atau di atasnya, memiliki prestasi akademik yang baik dalam pendidikan dan memiliki karakter moral yang baik.

2. Bukan merupakan warga Negara Taiwan atau overseas Chinese.

3. Pada saat ini tidak terdaftar sebagai pelajar di pusat pembelajaran Bahasa Mandarin, dan tidak pernah menjadi pelajar di universitas maupun perguruan tinggi di Taiwan.

4. Tidak pernah menerima penghargaan baik berdasarkan program beasiswa ini maupun program beasiswa Taiwan.

5. Saat menerima beasiswa HES, pemohon tidak sedang terdaftar sebagai mahasiswa program pertukaran pelajar sesuai perjanjian kerja sama antara universitas/ perguruan tinggi internasional dan lembaga pendidikan di Taiwan.

6. Tidak sedang menerima beasiswa atau subsidi lainnya yang diberikan oleh Pemerintah Taiwan atau institusi pendidikan lainnya di Taiwan.

Baca juga: Kesempatan Magang PT MRT Jakarta untuk Mahasiswa D3 dan S1

Syarat dokumen

1. Formulir Pendaftaran.

2. Fotokopi Pasport dan Kartu Keluarga.

3. Fotokopi Ijazah Terakhir dan Transkip Nilai.

4. Fotokopi formulir pendaftaran dari salah satu Pusat Pelatihan Huayu Enrichment (formulir yang digunakan saat mendaftar ke language center).

5. Dua lembar surat rekomendasi yang sudah di tanda tangani dan tertutup rapat dalam amplop (surat rekomendasi dalam bentuk email atau fotokopi tidak berlaku, bisa dari siapa saja misalnya kepala sekolah, dekan, dosen atau atasan).

Baca juga: Beasiswa Penuh S1 Teologi Islam ke Turki

Informasi lebih lengkap tentang persyaratan beasiswa dan proses pendaftaram dapat dilihat di https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/02/informasi-program-beasiswa-di-taiwan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com