Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/02/2020, 11:03 WIB
Albertus Adit

Penulis


KOMPAS.com - Bagi kamu yang ingin mengenyam pendidikan tinggi militer, khususnya di Akademi Angkatan Udara (AAU), segera persiapkan dirimu. Sebab, awal bulan Maret 2020 mulai dibuka pendaftarannya.

Jika lolos seleksi, maka kamu bakal belajar atau kuliah di AAU yang berada di Yogyakarta selama 4 tahun. Karena pendidikan militer, maka ketika lulus kamu akan dilantik menjadi seorang perwira TNI AU berpangkat Letnan Dua (Letda).

Melansir dari laman resmi AAU, Akademi Angkatan Udara (AAU) adalah salah satu badan pelaksana pusat TNI AU yang menyelenggarakan program studi pendidikan vokasi (Diploma IV).

AAU merupakan lembaga pendidikan pertama perwira sukarela tingkat akademi yang menghasilkan perwira TNI AU. Perwira hasil didik AAU diharapkan mampu mengemban tugas sebagai Prajurit TNI AU serta terus dapat mengembangkan kemampuannya sejalan dengan perkembangan teknologi sistem senjata TNI AU.

Baca juga: Tertarik Kuliah Akademi Angkatan Udara? Ini Informasi Lengkapnya

Namun, untuk masuk menjadi Taruna atau Taruni AAU tidaklah mudah. Beragam proses seleksi dilakukan untuk menghasilkan calon taruna yang unggul, baik fisik, psikis maupun intelektualnya.

Kalau kamu sudah yakin ingin masuk AAU dan ingin mengabdi pada bangsa dan negara sebagai Perwira TNI AU, maka intip dulu apa saja materi seleksi AAU.

Kepala Penerangan Akademi Angkatan Udara, Mayor Sus Sendang Arum Mahardani kepada Kompas.com, Senin (24/2/2020) menjelaskan, tes masuk AAU itu antara lain:

  • tes potensi akademik
  • tes kesehatan
  • tes psikologi
  • tes mental ideologi
  • tes samapta

Khusus tes samapta, menurut Mayor Sendang terdiri dari:

  • lari
  • pull up
  • sit up
  • push up
  • shuttle run

Merangkum dari laman resmi TNI AU, berikut ini disampaikan materi seleksi Taruna AAU 2018. Calon siswa (Casis) taruna setelah melewati seleksi administrasi kemudian mengikuti seleksi kesehatan tahap pertama.

Pada seleksi taruna AAU 2018 yang dilaksanakan di Halaman Mako Lanud Sultan Iskandar Muda, Senin (14/5/2018), ada 15 Casis ikut tes kesamaptaan.

Tes itu diawali dengan pemeriksaan tekanan darah dari tim Kesehatan Lanud Sultan Iskandar Muda. Pemeriksaan ini sangatlah penting dilakukan sebelum melaksanakan olahraga.

Baca juga: TNI AU Buka Rekrutmen Taruna 2020 bagi Lulusan SMA/SMK

Apalagi tes kesamaptaan jasmani guna mengetahui kondisi tubuh, mengecek kesehatan tubuh, atau penyakit, serta mengurangi cedera saat melaksanakan tes samapta nanti.

Adapun seleksi ini meliputi:

  • Samapta A: lari 2400 meter
  • Samapta B: pull up, push up, sit up, shuttle run
  • Test renang

Jika kamu sudah paham aja saja materi seleksinya, maka persiapkan dirimu mulai dari sekarang. Termasuk mulai membuka akun registrasi pendaftaran Taruna dan Taruni AAU 2020.

Pendaftaran

  • 1 Maret - 30 April 2020

Alur pendaftaran

  • Buat akun baru di laman, https://diajurit.tni-au.mil.id/register

Untuk informasi lebih lengkap termasuk alur pendaftaran dan persyaratannya bisa mengunjungi laman https://diajurit.tni-au.mil.id/

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com