Hari Terakhir Pendaftaran SNMPTN 2020, 143 Ribu Siswa Belum Finalisasi

Kompas.com - 27/02/2020, 11:43 WIB
Syarat dan Ketentuan SNMPTN 2020 KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoSyarat dan Ketentuan SNMPTN 2020

KOMPAS.com - Dibuka pada 14 Februari 2020, pendaftaran SNMPTN 2020 akan ditutup hari ini, Kamis (27/2/2020) pukul 23.59 sesuai dengan informasi yang tertera pada laman resmi SNMPTN.

Bila kamu dinyatakan memenuhi kriteria untuk mendaftar, baiknya segera lakukan pendaftaran SNMPTN secara online, tak terkecuali bagi kamu yang akan mendaftar KIP Kuliah.

Walau pendaftaran KIP Kuliah untuk SNMPTN baru akan berlangsung pada 2-31 Maret, siswa harus tetap mendaftar SNMPTN terlebih dahulu hingga tahap mengisi prodi dan PTN. Sedangkan finalisasi dapat dilakukan sampai dengan akhir Maret 2020.

Namun, bila kamu sudah terlanjur finalisasi namun belum mendaftar KIP Kuliah, Ketua LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) Prof. Mohammad Nasih mengatakan, siswa yang sudah terlanjur finalisasi tapi membutuhkan bantuan lewat KIP Kuliah tidak akan kehilangan haknya. 

"Tidak usah kuatir, mereka yang sudah terlanjur finalisasi tapi membutuhkan bantuan lewat KIP Kuliah tidak akan kehilangan haknya. Mereka bisa tetap mendafar KIP Kuliah yang akan dibuka 2 sampai 31 Maret 2020. Kami akan bantu nanti dalam sinkronisasi datanya," ujar Prof. Nasih Dalam pertemuan dengan media (26/2/2020).

Baca juga: Tips Cerdas Pilih PTN dan Jurusan agar Lolos SNMPTN 2020

Dalam pertemuan tersebut, Prof. Nasih juga menyampaikan 561.512 siswa telah mendaftarkan diri melalui akun LTMPT. Namun, sebanyak 103 ribu siswa belum mendaftar SNMPTN dan 143 ribu lainnya belum melakukan finalisasi.

Sebelum terlambat, berikut tahapan untuk mendaftar SNMPTN 2020.

1. Login

Siswa yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh sekolah, menggunakan email dan password login ke laman Portal LTMPT untuk melakukan pendaftaran.

2. Pilih Program studi dan PTN

Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.

3. Siapkan portfolio

Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman https://www.snmptn.ac.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X