Ingin Sukses SBMPTN 2020? Perhatikan 7 Hal Ini

Kompas.com - 28/02/2020, 11:06 WIB
Informasi UTBK-SBMPTN 2020 https://ltmpt.ac.id/Informasi UTBK-SBMPTN 2020
|


KOMPAS.com - Proses masuk perguruan tinggi negeri (PTN) telah dimulai. Bagi kamu yang ingin mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020, maka harus memahami beberapa hal berikut ini.

Sebab, SBMPTN 2020 telah memasuki registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tahap ke-2 yang dimulai pada 17 Februari 2020 kemarin hingga 5 April 2020.

Registrasi ini untuk mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK) dan SBMPTN 2020. Jika kamu ingin sukses SBMPTN 2020, maka simak 7 hal ini yang dirangkum dari laman Rencanamu.id.

Baca juga: Tata Cara Daftar SBMPTN 2020, Berikut Link dan Jadwalnya

1. Harus pahami informasi UTBK dan SBMPTN 2020

Bagi anak SMA yang baru pertama kali ikut, jangan sampai kamu belum bisa membedakan antara SBMPTN dan SNMPTN 2020. Sebab, prosesnya berbeda. Tak hanya itu saja, kamu juga harus update dengan perkembangan SBMPTN.

Apa saja itu? Informasinya ialah:

  • Kamu harus paham apa itu LTMPT, UTBK, dan SBMPTN.
  • Jadwal UTBK dan rangkaian SBMPTN 2020.
  • Sistem penilaian.
  • Berbagai perubahan dan informasi lainnya harus diikuti.
  • Kelengkapan dokumen yang dibutuhkan nanti.
  • Informasi penyelenggaraan UTBK.

2. Coba latihan UTBK

Agar sukses dan siap menghadapi UTBK, maka kamu belajar latihan soal UTBK. Bisa dalam bentuk hard copy atau soft copy. Ini dilakukan agar memudahkan kamu saat belajar disituasi dan kondisi apapun.

3. Terus belajar

Tak hanya mengerjakan soal saja, tetapi kamu juga harus meluangkan waktu untuk belajar. Tentu agar materinya bisa kamu pahami dan kamu lebih siap mengerjakan UTBK.

Belajar bisa di mana saja, misalnya:

  • Belajar sendiri
  • Ikut les privat
  • Ikut bimbingan belajar

Jika kamu pilih belajar sendiri, maka untuk sementara waktu kamu harus buat rencana belajar. Kamu harus susun jadwal dan materi yang ingin dipelajari.

4. Ikut try out

Jika ada try out SBMPTN, maka sebaiknya kamu ikut. Sebab, hal ini bisa membantu menyiapkan mental dan fisik agar siap menghadapi tes beneran.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X