Ini Keunggulan KIP Kuliah, Salah Satunya Subsidi Biaya Hidup Bulanan

Kompas.com - 02/03/2020, 09:35 WIB
Dalam kampanye Pilpres 2019 di Stadion Temenggung Abdul Jamal, Mukakuning, Batam. Jokowi menunjukan tiga kartu sakti yakni kartu KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah, Kartu Pra Kerja dan Kartu Sembako Murah. KOMPAS.com/ HADI MAULANADalam kampanye Pilpres 2019 di Stadion Temenggung Abdul Jamal, Mukakuning, Batam. Jokowi menunjukan tiga kartu sakti yakni kartu KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah, Kartu Pra Kerja dan Kartu Sembako Murah.
|


KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) akan memperluas sasaran beasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Melalui Program Indonesia Pintar (PIP), tahun ini pemerintah memberikan bantuan pendidikan bagi mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi termasuk penyandang disabilitas dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah.

Jika menerima KIP Kuliah, maka mahasiswa mendapatkan pembebasan biaya kuliah di perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup bulanan bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan ekonomi (berasal dari keluarga kurang mampu) dan akademik.

Pada 2020 ini, pemerintah mentargetkan penerima KIP Kuliah sejumlah 400.000 penerima baru. Selain itu KIP Kuliah juga akan lebih banyak memberi akses kepada pendidikan vokasi.

Baca juga: Tata Cara Daftar KIP Kuliah untuk SNMPTN 2020

Lantas, apa saja keunggulan dari KIP Kuliah tersebut? Dilansir dari laman resmi KIP Kuliah Kemendikbud, ini beberapa keunggulan KIP Kuliah.

Keunggulan KIP Kuliah

1. Jumlahnya lebih banyak dari Bidikmisi yakni lebih dari 400.000 orang untuk tahun 2020. (Bidikmisi 2019 ialah 130.000 beasiswa).

2. Lebih banyak memberi akses kepada Pendidikan Vokasi.

3. Sistem terintegrasi dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi.

4. KIP Kuliah terbagi menjadi 2 kelompok yaitu KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi.

5. KIP Kuliah Afirmasi, antara lain meliputi Bantuan Biaya Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk ADik Papua, ADik Papua Barat dan ADik 3T.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X