Terkait Virus Corona, UGM Tangguhkan Kegiatan Berskala Internasional

Kompas.com - 03/03/2020, 09:23 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona
|


KOMPAS.com - Penyebaran  COVID-19 atau virus corona ke berbagai negara menjadi perhatian bangsa Indonesia. Tak terkecuali bagi institusi pendidikan Universitas Gadjah Mada ( UGM).

Terlebih dengan adanya dua pasien WNI positif virus corona dan kini dirawat intensif di RS Jakarta, UGM mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 1285/UN1.P/SET-SR/TR/2020.

Imbauan tidak ke luar negeri

Melalui surat edaran itu, Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., ASEAN., Eng., mengimbau seluruh sivitas akademika UGM untuk menangguhkan perjalanan ke luar negeri, terutama di negara-negara terdampak COVID-19.

Baca juga: Upaya Pencegahan Virus Corona, Akademisi UNS Kembangkan Jahe Merah

Hal ini sebagai upaya pencegahan masuknya virus corona ke Indonesia. Karenanya, untuk sementara waktu sivitas akademika UGM diimbau untuk tidak bepergian ke luar negeri dahulu.

"Pertimbangan utama UGM mengeluarkan surat edaran ini untuk kehati-hatian, supaya sivitas UGM, maupun tamu, dan masyarakat sekitar lebih berhati-hati terhadap kesehatan, khususnya virus corona," kata Sekretaris Rektor UGM, Drs. Gugup Kismono, M.B.A., Ph.D., seperti dikutip dari laman resmi UGM, Senin (2/3) di UGM.

Kegiatan berskala internasional ditangguhkan

Tak hanya menangguhkan perjalanan ke luar negeri saja, pihaknya juga menangguhkan sejumlah acara yang telah dijadwalkan sebelumnya, atau kegiatan internasional ditangguhkan.

Acara yang bakal digelar beberapa bulan ke depan dengan melibatkan tamu-tamu dari luar negeri baik mahasiswa maupun dosen asing akan ditangguhkan terlebih dahulu.

Tentu tujuannya untuk mengantisipasi penyebaran virus corona hingga situasi aman dari sisi kesehatan. Disamping itu, pertimbangan membatalkan acara itu karena risiko tidak hanya yang datang saja ke UGM, tapi juga tuan rumah (UGM) yang memiliki tamu-tamu dari berbagai negara.

Hingga kini, UGM terus berkomunikasi dengan para tamu yang akan datang ke UGM dan melakukan penilaian bersama. Hasil asesmen nantinya akan dijadikan sebagai bahan pertimbangkan apakah kegiatan akan dilaksanakan atau ditangguhkan terlebih dahulu.

Tentunya penangguhan pelaksanaaan kegiatan dilakukan mengikuti perkembangan dan kebijakan dari pemerintah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X