Mengenal 5 Prodi Teknik Baru UNAIR dan Daya Tampung di SBMPTN 2020

Kompas.com - 03/03/2020, 18:26 WIB
Universitas Airlangga unair.ac.idUniversitas Airlangga

KOMPAS.com - Menjadi "anak fakultas teknik" merupakan impian sebagian calon mahasiswa dari jurusan IPA. Bila kamu adalah salah satunya, sejumlah jurusan atau program studi (prodi) teknik yang baru saja dibuka oleh Universitas Airlangga ( UNAIR) di tahun 2020 ini bisa jadi pertimbangan.

Berdasarkan laman resmi Fakultas Sains & Teknologi (FST) UNAIR, di tahun ini ada 5 (lima) prodi baru yang bisa dipilih calon mahasiswa UNAIR, yaitu Teknik Industri, Teknik Elektro, Rekayasa Nanoteknologi, Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, serta Teknik Sains Data.

Meskipun kelima program studi baru ini akan bernaung di bawah FST, UNAIR memiliki peran esensial dalam keberadaan prodi-prodi teknik ini, mulai dari merancang kurikulum hingga menyeleksi dosen-dosen Fakultas Teknik.

Baca juga: 25 Prodi Universitas Brawijaya dengan Kuota Besar di SBMPTN 2020

Berdasarkan UniRank, Universitas Airlangga (UNAIR) yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur, merupakan salah satu universitas yang masuk dalam 20 besar universitas negeri terbaik di Indonesia.

UniRank sendiri merupakan lembaga direktori pendidikan internasional yang belum lama merilis pemeringkatan universitas dunia terhadap lebih dari 13.600 universitas di 200 negara.

Berikut penjelasan tentang kelima prodi teknik baru UNAIR yang bisa kamu pilih di seleksi bersama perguruan tinggi negeri (SBMPTN) 2020, melansir laman resmi FST UNAIR.

1. Teknik Rekayasa Nanoteknologi

Bisa ditebak dari namanya, Rekayasa Nanoteknologi mempelajari materi berukuran nano atau sangat kecil. Materi ini kemudian dimanipulasi agar tercipta benda baru dengan karakteristik sesuai keinginan.

Baca juga: 25 Prodi Universitas Indonesia dengan Daya Tampung Terbanyak di SBMPTN

Salah satu contoh produk nanoteknologi adalah pakaian berserat khusus yang membuat pemakainya tetap hangat pada musim dingin. Visiting fellow FST UNAIR Dr. Che Azurahanim dari Universiti Putra Malaysia turut berkontribusi dalam menyusun kurikulum program studi ini.

Daya tampung: 30
Peminat 2019: -

2. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Program studi ini membahas serba-serbi robot dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X