Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IPB Naik Peringkat 59 Versi QS WUR 2020 di Bidang Pertanian dan Kehutanan

Kompas.com - 04/03/2020, 19:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Peringkat IPB University di bidang keilmuan Pertanian dan Kehutanan naik ke peringkat 59 berdasarkan QS World University Ranking by Subject on Agriculture and Forestry. Sebelumnya, IPB University berada di peringkat 74 pada tahun lalu.

Tahun ini, ada tiga bidang keilmuan di IPB University yang masuk dalam daftar pemeringkatan, yaitu Agriculture & Forestry (51-100) tepatnya di posisi 59, Environmental Sciences (351-400) dan Biological Sciences (551-600).

Selama lima tahun berturut-turut, IPB University selalu masuk dalam jajaran kampus top 100 dunia berdasarkan QS World University Ranking by Subject on Agriculture and Forestry.

Informasi ini berdasarkan pengumuman resmi yang diluncurkan QS World University Ranking by subject on Agriculture and Forestry 2020, hari ini (4/2). QS World University Ranking adalah salah satu sistem pemeringkatan universitas dunia yang menjadi rujukan utama.

“Ada peningkatan total score dibanding tahun sebelumnya. Tahun lalu score IPB University ada di angka 65.8, sementara tahun ini di angka 70.8, “ ungkap Ketua Task Force QS WUR di lingkup IPB University, Prof Dr Anas M. Fauzi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Baca juga: 25 Jurusan IPB Paling Diminati di SBMPTN dan Daya Tampungnya

 

Anas mengatakan, pemeringkatan QS World University Rangking (WUR) kali ini dilakukan terhadap 1.620 perguruan tinggi yang memenuhi syarat dari total sebanyak 4.763 institusi perguruan tinggi yang dipertimbangkan di 151 negara.

Menurut Anas, Rektor IPB mengarahkan untuk terus meningkatkan reputasi dan kinerja akademik, disertai dukungan infrastruktur pendidikan dan penelitian, sistem data dan informasi, fasilitasi bagi mitra internasional, serta meningkatkan kesiapan dan kualifikasi lulusan (graduate employability).

“Sejalan dengan konsep Agromaritim 4.0 yang diimplementasikan melalui pengembangan kurikulum pendidikan yang sesuai, peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dan pemberdayaan masyarakat juga diharapkan akan terus meningkatkan reputasi akademik IPB University, “

Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria menyampaikan apreasiasinya atas capaian IPB University.

“Kami bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pe-ranking-an QS WUR. Ini adalah hasil dari kerja keras kita semua dalam program peningkatan kinerja penelitian dan internasionalisasi, seiring dengan makin tingginya semangat menghasilkan inovasi, “ kata Prof Arif.

Baca juga: Daya Tampung SBMPTN 2020 IPB, 3 Prodi Ini Sepi Peminat di 2019

Lebih lanjut Prof Arif menandaskan bahwa perangkingan bukanlah tujuan, melainkan akibat atau hasil dari sebuah proses penyelenggaraan Tri Dharma secara progresif dan inovatif.

“Orientasi IPB University tetap pada kontribusi sebesar-besarnya pada penguatan inovasi untuk kesejahteraan rakyat dan kemajuan bangsa. Seperti diketahui, dalam sepuluh tahun terakhir, IPB University adalah penghasil inovasi terbanyak (39 persen) menurut Business Innovation Center," kata Prof. Arif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com