Tips Sukses di Dunia Kuliah dari Mahasiswa Berprestasi UI 2019

Kompas.com - 05/03/2020, 19:58 WIB
Ilustrasi kuliah di Belanda Jacob Ammentorp LundIlustrasi kuliah di Belanda

KOMPAS.com - Menempuh pendidikan di jenjang kuliah tentu merupakan salah satu impian anak setelah lulus kuliah. Kamu akan menjalani perkuliahan sambil mengasah kemampuan berorganisasi sebelum tiba di dunia kerja.

Namun, dunia kampus tak semudah yang dibayangkan. Ada saja hambatan seperti tugas yang banyak, rasa malas, demotivasi, dan lainnya.

Kesuksesan kuliah dimulai dari menentukan program studi yang akan dipilih hingga menjalani dunia perkuliahan. Lalu seperti apa tips suksesnya?

I Gede Sthitaprajna Virananda selaku mahasiswa Ilmu Ekonomi angkatan 2016 FEB UI yang juga sebagai ahasiwa Berperestasi (Mawapres) UI dan Nasional tahun 2019 memberikan sejumlah tips sukses dalam memilih program studi dan menjalani dunia perkuliahan.

Tips tersebut diberikan di Balairung Universitas Indonesia (UI) pada acara Seminar Motivasi oleh Mawapres UI. Acara tersebut merupakan serangkaian acara UI Open Days 2020.

Jana panggilan akrabnya menjelaskan mengenai memilih program studi dengan menyesuaikan passion atau prospek kerja. Menurutnya jika memang sudah tahu passion-nya akan lebih baik untuk mengikuti passion tersebut.

Baca juga: 5 Keuntungan Punya Pengalaman Organisasi saat Kuliah

Ia juga menjelaskan bahwa hal itu dapat meringankan perjuangannya dan lebih senang melakukan pekerjaannya nanti. Di sisi lain, Jana juga mengatakan jika memang belum menemukan passion-nya nanti bisa mengikuti kegiatan yang ada.

Salah satunya seperti setelah menjadi mahasiswa yang penting masuk kuliah dan mencoba berbagai macam hal dan kegiatan untuk mengembangkan diri.

Selanjutnya, Jana menjelaskan mengenai persiapannya saat dulu akan melakukan tes SBMPTN. Ia mengatakan bahwa fokus utama belajarnya saat itu adalah belajar SBMPTN.

Jana bersama temannya sering melakukan simulasi tes SBMPTN sendiri. Caranya adalah mengerjakan berbagai soal dengan menggunakan timer dan hasilnya akan diperiksa bersama.

Jana juga membagikan beberapa tips untuk mengatur waktu. Beberapa tips tersebut, yaitu tidak menunda pekerjaan, memecah tujuan menjadi pekerjaan-pekerjaan kecil, dan meminimalisir distraksi.

“Aku tuh suka ngerjain tugas dan cepet selesai. Aku berusaha banget siang-siang sore biar malamnya free. Kalau kerjaanku belum selesai, aku gak akan melakukan hal yang aku suka,” jelasnya seperti dikutip dari laman ui.ac.id.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X