Prodi Kedokteran Unpad Ketiga Terbaik di Indonesia Versi QS WUR 2020

Kompas.com - 05/03/2020, 19:38 WIB
Ilustrasi dokter perempuan. SHUTTERSTOCKIlustrasi dokter perempuan.

KOMPAS.com - Sistem pemeringkatan QS World University Rankings by Subject merilis hasil pemeringkatan perguruan tinggi dunia berdasarkan bidang keilmuan tahun 2020, Rabu (4/3). Hasilnya, bidang ilmu Kedokteran Universitas Padjadjaran berada pada peringkat 551-600 dunia dan peringkat 3 di nasional.

Kepala Kantor Internasional Unpad Ronny, dr., M.Kes., PhD, AIFO, mengatakan, pemeringkatan ini dinilai berdasarkan 4 parameter, yaitu reputasi akademik, reputasi staf, H-Index, serta sitasi per karya ilmiah. Bidang ilmu Kedokteran Unpad meraih poin 51 untuk parameter reputasi akademik, 61,9 untuk parameter reputasi staf, 53 untuk sitasi H-Index, serta 50,8 untuk sitasi per karya ilmiah.

“Ini menunjukkan bahwa riset dan akademik yg dilakukan dalam bidang ilmu tersebut menunjukkan performa yang cukup baik di mata peer dunia. Bidang ilmu tersebut bisa jadi rujukan parameter yang baik,” ujar Ronny seperti dikutip dari halaman unpad.ac.id.

Ronny menjelaskan, tahun ini ada 13 bidang ilmu Unpad yang dilakukan asesmen. Beberapa bidang ilmu sudah masuk ke dalam level penilaian yang cukup baik.

Pada kategori sosial, bidang ilmu sosio manajemen dan bidang ilmu bisnis memiliki penilaian yang cukup tinggi. Sementara pada kategori saintek, bidang ilmu kedokteran, farmasi, dan ilmu pengetahuan alam memiliki penilaian yang tinggi.

“Tahun ini dari 13 bidang ilmu yang dinilai, Kedokteran yang masuk ke dalam QS WUR by Subject,” kata Ronny.

Sementara itu, Rektor Unpad Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE., mengatakan, semua bidang ilmu di Unpad diupayakan untuk masuk ke dalam pemeringkatan ini. Ia mengatakan peningkatan aktivitas Tridarma Perguruan Tinggi terus didorong.

Dosen diharapkan bisa meningkatkan produktivitas riset dan publikasi internasional. Hal ini akan mendorong reputasi akademiknya akan meningkat.

Baca juga: Kebijakan Kampus Merdeka, Ini Langkah yang Akan Dilakukan Unpad

Peningkatan ini juga harus didukung dengan meningkatnya jumlah dosen bergelar Doktor serta meningkatnya kerja sama dengan mitra internasional.

“Kalau reputasi akademiknya baik, lulusanya direkognisi oleh pengguna, dan jejaring internasionalnya baik, rekognisi yang didapat bukan cuma dari domestik tetapi juga internasional,” kata Rektor.

Upaya ini diwujudkan dalam Rencana Strategis Unpad 2020-2024. Target utama Unpad pada 2024 adalah masuk ke dalam 500 perguruan tinggi terbaik dunia. “Kalau targetnya 500 besar perguruan tinggi dunia pada 2024, seharusnya bidang ilmu lain selain Kedokteran bisa masuk pemeringkatan,” kata Prof. Rina.

Berdasarkan data pada laman QS World University Rankings by Subject, peringkat pertama bidang ilmu Kedokteran perguruan tinggi di Indonesia adalah Universitas Indonesia (251-300) disusul Universitas Gadjah Mada di peringkat dua (401-450). Unpad memiliki posisi peringkat yang sama dengan Universitas Airlangga, yaitu 551-600.

Namun, Ronny telah mendapatkan konfirmasi dari tim QS bahwa Unpad memang berada di peringkat ke-3 secara nasional.

Hasilnya, urutan Unair pada infografis laman tersebut disebut lebih awal karena disusun secara alfabetis. Meski demikian, Unpad tetap berada pada peringkat 3 jika dilihat pada detail skor yang diraih.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X