Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/03/2020, 10:47 WIB
Albertus Adit

Penulis


KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang ditunjuk sebagai penyelenggara Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 mengeluarkan informasi terbaru.

Apa informasi terbaru itu? Ternyata, LTMPT mengeluarkan Surat Edaran yang isinya tentang jadwal pengumuman SNMPTN 2020.

Berdasar Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor: 08/SE.LTMPT/2020 Tentang Jadwal Pengumuman SNMPTN 2020 yang ditandatangani oleh Ketua Tim Pelaksana LTMPT Mohammad Nasih, 10 Maret 2020, ini isinya:

Baca juga: KIP Kuliah, Ini Cara Daftarnya hingga Akhir Maret

Berkaitan dengan pelaksanaan SNMPTN 2020, maka diinformasikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Pengisian Data Nomar Pendaftaran KIP Kuliah dilaksanakan pada 2-31 Maret 2020.
  2. Finalisasi dan Cetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2020, bagi siswa yang baru sampai tahap memilih prodi, dilaksanakan pada 2-31 Maret 2020.
  3. Pendaftaran SNMPTN bagi siswa eligible (berhak daftar) yang mengajukan KIP Kuliah dan belum pernah mendaftar, dilaksanakan pada 2-31 Maret 2020.

Sehubungan dengan kegiatan pada nomor 1, 2, dan 3 di atas, maka Pengumuman SNMPTN yang semua dijadwalkan pada 4 April 2020 diundur pada tanggal 8 April 2020.

Informasi ini tentu untuk menfasilitasi bagi siswa yang eligible dan ingin mendapatkan dukungan KIP Kuliah. KIP Kuliah sendiri bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Jika kamu butuh dukungan KIP Kuliah, maka simak cara daftar KIP Kuliah ini. 

Cara daftar KIP Kuliah

Ini cara daftar KIP Kuliah dari alur dan tahapannya:

1. Pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah di portal LTMPT melalui laman https://portal. ltmpt.ac.id diwajibkan bagi:

  • Siswa yang sudah memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara mandiri pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
  • Siswa yang sudah memiliki akun LTMPT.
  • Siswa yang sudah mendaftar atau yang akan mendaftar SNMPTN 2020 (karena menunggu Kepemilikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah tahun 2020).

Baca juga: Syarat Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNMPTN 2020

2. Pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah di portal LTMPT dapat dilakukan dengan cara:

  • Login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan akun LTMPT yang sudah dimiliki.
  • Pilih menu "Pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah", dan
  • Isikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah yang sudah dimiliki.

3. Pendaftaran SNMPTN 2020 bagi siswa yang telah memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah dan sudah melakukan Pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah seperti dijelaskan dalam nomor 1 dan 2 di atas, diatur sebagai berikut.

  • Siswa yang telah melakukan finalisasi (cetak kartu) tidak perlu melakukan pendaftaran SNMPTN lagi, karena proses sinkronisasi Nomor Pendaftaran KIP Kuliah dan Data Pendaftar SNMPTN di LTMPT akan dilakukan secara otomatis.
  • Siswa yang sudah melakukan pendaftaran sampai dengan memilih program studi dan belum finalisasi, diharuskan melakukan Finalisasi dan Cetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2020, pada tanggal 2-31 Maret 2020.
  • Siswa yang belum melakukan pendaftaran, disilahkan melakukan Pendaftaran sampai proses Finalisasi dan Cetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2020, pada tanggal 2-31 Maret 2020.

4. Siswa yang memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah tidak dipungut biaya untuk Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020. (hanya saja, untuk ikut UTBK yang kedua harus membayar biaya pendaftaran UTBK).

Baca juga: Info Perubahan Pendaftaran dan Pelaksanaan UTBK 2020, Penerima KIP Kuliah Bayar Jika...

Bagi yang ingin mendapatkan informasi lebih jelas dan lengkap bisa mengunjungi laman resmi LTMPT. Namun, cara daftar dan tahapannya sama seperti di atas yang telah dirangkum dari laman LTMPT.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com