IWK UI Kenalkan Urban Farming ke Siswa SLB Nusantara Depok

Kompas.com - 13/03/2020, 10:00 WIB
Ikatan Wanita Universitas Indonesia (IWK UI) menggelar kegiatan bakti sosial berupa pelatihan ?Urban Farming yang digelar di Sekolah Luar Biasa (SLB) Nusantara di Beji, Depok pada Rabu (11/03/2020). Dok. Humas UIIkatan Wanita Universitas Indonesia (IWK UI) menggelar kegiatan bakti sosial berupa pelatihan ?Urban Farming yang digelar di Sekolah Luar Biasa (SLB) Nusantara di Beji, Depok pada Rabu (11/03/2020).

KOMPAS.com - Ikatan Wanita Universitas Indonesia (IWK UI) mengenalkan Urban Farming melalui pelatihan untuk Sekolah Luar Biasa ( SLB) Nusantara di Beji, Depok pada Rabu (11/03/2020).

Kegiatan ini diikuti oleh 90 siswa yayasan. Pemateri utama, Indriyati Puji Lestari memaparkan pentingnya urban farming saat ini.

“Karena lahan semakin berkurang, sedangkan kebutuhan manusia untuk sayuran dan buah-buahan tetap ada, maka diperlukan suatu cara menanam yang tidak memerlukan tanah. Metode hidroponik adalah salah satu jenis alternatif penanaman tanpa lahan,” ungkap Puji.

Hidroponik adalah metode menanam dengan menggunakan air, namun dengan jumlah yang sedikit dibandingkan dengan kebutuhan air saat menanam di atas tanah. Hidroponik dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satu yang paling mudah adalah dengan metode sumbu.

Baca juga: Sekolah Berkebutuhan Khusus, Ini 6 Jenis SLB yang Harus Kamu Ketahui

Arang, sekam, kerikil, sabut kelapa, dan serta media penompang seperti pipa berlubang-lubang adalah alat-alat pendukung dalam melakukan metode sumbu. Para siswa diajak berpraktik langsung oleh Puji untuk melakukan metode hidroponik.

Kegiatan bakti sosial adalah kegiatan rutin dari IWK. Menurut Drg. Pinta Ferawati, sebagai ketua pelaksana, tema hidroponik dipilih karena dinilai relevan dengan kondisi ketersediaan lahan saat ini, selain itu dinilai tema ini bermanfaat bagi siswa.

“Selain workshop hidroponik ini, kami juga memberikan logistik berupa beras, kecap, gula, teh, sabun mandi, serta makanan ringan. Dengan semua hal ini, kami berharap kegiatan bakti sosial ini membawa manfaat seluas-luasnya bagi para siswa,” ungkap Pinta.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X