Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi: Jangan Sampai Pelajar Diliburkan, Malah Bermain...

Kompas.com - 16/03/2020, 17:32 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo berharap sekolah dan guru berperan aktif agar penghentian proses belajar tatap muka di sekolah terkait wabah corona tidak membuat siswa justru bermain ke luar.

Imbauan ini disampaikan Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor (16/3/2020) terkait koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam penanganan wabah corona. 

Presiden Jokowi meyakini, jika dijalankan dengan baik maka belajar dari rumah ini dapat mengurangi penyebaran virus corona.

"Kalau ini bisa efektif (pembelajaran dari rumah), saya yakin akan mengurangi banyak sekali mobilitas para pelajar dan mahasiswa dan mengurangi penyebaran covid-19," ujar Presiden Jokowi.

Baca juga: Nadiem Pahami Keputusan Pemprov Hentikan Sementara Aktivitas di Sekolah

Jangan sampai siswa malah bermain

Sisi lain, Presiden menyadari belum semua sekolah mampu secara efektif menjalankan pembelajaran berbasis daring atau online.

"Ada yang sudah mampu dengan online ada yang belum. Sehingga di sini keaktifan setiap sekolah, keaktifan dari guru adalah menjadi penting kalau itu tidak bisa online," ujar Presiden.

Peran aktif sekolah dan guru ini menjadi penting, menurut Presiden Jokowi, agar jangan sampai liburnya kegiatan tatap muka di sekolah justru membuat siswa malah bermain ke tempat-tempat yang banyak kerumunan.

"Terapi jangan sampai, kita harapkan, jangan sampai pelajar diliburkan malah bermain ke warnet, ke tempat-tempat yang banyak kerumunan," tegas Jokowi.

Belajar online cegah mobilitas

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan Mendikbud telah melakukan koordinasi agar siswa mendapatkan bantuan gratis dari beberapa perusahaan edukasi berbasis teknologi (edutech). 

"Ini sudah dimulai hari ini. Mendikbud telah mengkoordinasi ini sehingga hari ini kita mendapatkan bantuan gratis untuk belajar lewat online dari RuangGuru, dari Zenius, dari Google, dari Microsoft, dari Quipper, dari Sekolahmu dan dari Kelas Pintar," jelas Jokowi.

Presiden Jokowi melanjutkan, "Artinya ini sudah berjalan pada hari ini. Kita ingin mengajak agar guru juga mengarahkan ke sana (pembelajaran online) dalam dua minggu ke depan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com