Kompas.com - 17/03/2020, 23:14 WIB
Ilustrasi digital SHUTTERSTOCKIlustrasi digital

KOMPAS.com - Saat ini, dunia tengah bergerak cepat memasuki revolusi industri 4.0.

Digitalisasi masuk ke setiap bidang kehidupan, mulai dari sektor manufaktur hingga finansial.

Tanpa kualitas yang memadai, sumber daya manusia (SDM) Indonesia dipastikan bakal tertinggal dibandingkan negara-negara lain.

Tak cukup berbekal pendidikan di sekolah, bakat yang dimiliki tiap pribadi perlu diasah dan dikembangkan sejak dini.

Pengembangan bakat yang menjadi kunci untuk meningkatkan mutu SDM bisa dilakukan sejak anak, remaja, hingga manusia dewasa.

Baca juga: Orangtua, Ini 5 Cara Kenali Minat dan Bakat Anak sejak Dini

Begitu pentingnya pengembangan bakat sebagai bekal menghadapi revolusi industri 4.0 itu mendorong lahirnya Bali Education Center (BEC) di kawasan Sunset Road, Kuta Utara, Bali.

Lembaga pendidikan itu berkomitmen memajukan dunia pendidikan dan mendukung perekonomian pulau dewata sekaligus Indonesia.

"Tempat untuk mengembangkan bakat dan mengasah prestasi bagi anak-anak, remaja hingga dewasa ini secara tidak langsung dapat mempersiapkan individu-individu agar lebih berkompeten dan memiliki daya saing yang berkualitas,” kata pemilik Bali Education Center, Lenny Marlina Tanu, dalam pernyataan tertulis, Selasa (17/3/2020).

Kurikulum dan metode pembelajaran

Ia mengatakan, lembaga pendidikan itu menyediakan kelas bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan Mandarin untuk peserta dari berbagai tingkat usia dan kebutuhan.

Selain itu, masyarakat dapat mempelajari komputer, termasuk dengan belajar membuat program website komputer, membuat video, matematika, dan berbagai alat musik di lembaga itu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X