Jaringan Pegiat Literasi Digital Lawan Hoaks Corona, Begini Caranya

Kompas.com - 26/03/2020, 14:58 WIB
Ilustrasi virus corona dan gejala terinfeksi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona dan gejala terinfeksi virus corona
|

KOMPAS.com - Di tengah penyebaran virus corona atau Covid-19 di masyarakat, banyak pula muncul informasi tidak benar atau hoaks terkait virus corona.

Tak ingin masyarakat mendapatkan informasi hoaks, Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi) bersatu melawan hoaks. Caranya ialah dengan menyarikan dan memproduksi beragam informasi akurat terkait Covid-19 ke dalam bentuk video dan poster edukatif bagi masyarakat.

Adapun komunitas yang sebagian besar anggotanya ialah dosen dari 78 perguruan tinggi di 30 kota di Indonesia tersebut menginisiasi kampanye bertajuk "Lawan Hoaks Covid-19".

Baca juga: Akademisi UGM: Begini Pola Hidup Sehat Lawan Corona, Salah Satunya Makan Kimpul

Dengan 42 bahasa daerah

Tujuannya tak lain ialah untuk mengimbangi banjir hoaks di tengah masyarakat. Hal itu juga sebagai media edukasi yang benar terkait informasi seputar virus corona.

"Selain dengan bahasa Indonesia dan bahasa Mandarin, kami membuat beragam konten digital 'Jaga diri dan Jaga Keluarga' di dalam 42 bahasa daerah," ujar Dr. Novi Kurnia, Koordinator Japelidi dikutip dari laman resmi Universitas Gadjah Mada ( UGM) Kamis (26/3/2020).

Agar penyebaran konten berbahasa daerah itu bisa menyebar luas, maka pihaknya bekerjasama dengan berbagai pihak.

Antara lain Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI), dan Komunitas "Berbeda Itu Biasa".

Untuk penyebaran konten dilakukan melalui:

1. akun Instagram (https://www.instagram.com/japelidi/?hl=en)

2. twitter (https://twitter.com/japelidi?lang=en) Japelidi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X