Pakar UGM Sarankan Olahraga Saraf di Tengah Corona, Seperti Apa?

Kompas.com - 03/04/2020, 10:33 WIB
Ilustrasi yoga Sukhasana fizkesIlustrasi yoga Sukhasana

KOMPAS.com - Olahraga teratur dapat menjadi salah satu cara menjaga kesehatan, kebugaran, serta menjaga daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat menjadi salah satu benteng melawan virus corona ( Covid-19).

Pakar Kedokteran Olahraga Universitas Gadjah Mada ( UGM) Dr.dr. H. Zaenal Muttaqin Sofro,. AIFM., memaparkan ada banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan di rumah di tengah pandemi Covid-19.

Menurut Zaenal, olahraga tak sebatas berlari atau aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat.

Olahraga juga bisa dalam bentuk neural excercise atau olahraga persarafan tanpa memerlukan aktivitas fisik yang berat guna menjaga kesehatan fisik maupun mental.

Baca juga: Mahasiswa Unpad Berhasil Lulus Ujian Skripsi Online, Seperti Apa?

"Pada prinsipnya, ada dua jenis olahraga yakni neural excercise atau olahraga persarafan untuk menjaga kesehatan dan physical excercise atau olahraga fisik untuk menjaga kebugaran. Olahraga tersebut bisa dilakukan di rumah," kata Zaenal dalam laman resmi UGM, Jumat (3/4/2020).

Lebih lanjut dijelaskan, olahraga persarafan dapat diwujudkan dengan tiga cara, yakni pernafasan, vokalisasi dan postur.

Olahraga pernafasan bisa dilakukan dengan senam pernafasan seperti senam tera dan yoga.
Lalu, vokalisasi dapat dilakukan dengan cara bersenandung, seperti membaca kitab suci Al Qur'an dan lainnya.

Sedangkan olahraga postur dapat ditempuh dengan cara seperti melakukan senam taichi maupun gerakan salat.

Baca juga: Toko Sayur Online Milik IPB Layani Pesanan Warga Jabodetabek

"Mindset masyarakat harus digeser, olahraga tidak hanya latihan fisik, tetapi bisa dengan latihan persarafan," tegasnya.

Menurutnya, olahraga pernafasan ini dapat dilaksanakan setiap saat, kapan saja, dan di mana saja. Dengan melakukan olahraga pernafasan secara rutin dapat menjadikan tubuh sehat dan meminimalkan stres.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber ugm.ac.id
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X