Yuk Belajar Struktur Bumi bagi Siswa Kelas VIII SMP

Kompas.com - 04/04/2020, 14:47 WIB
ilustrasi bumi ilustrasi bumi
|

KOMPAS.com - Pembelajaran daring masih diberlakukan hingga saat ini. Meski tak bisa ke sekolah, para siswa masih dapat mencari referensi materi dari berbagai sumber.

Khusus bagi siswa kelas VIII SMP yang sedang mencari materi mapel Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), berikut ini materi mengenai " Struktur Bumi" yang dirangkum dari Rumah Belajar Kemendikbud RI.

Pendahuluan

Perlu diketahui, bumi adalah planet ketiga dalam sistem tata surya dan menjadi planet untuk tempat tinggal paling ideal bagi makhluk hidup.

Baca juga: Yuk Mengenal Sistem Peredaran Darah Manusia, bagi Siswa Kelas X

Di dalamnya terdapat semua yang diperlukan untuk membantu kehidupan, termasuk berbagai macam mineral. Bentuk bumi bulat seperti bola.

Di dalam bumi tersusun oleh 3 lapisan, dari dalam keluar yaitu lapisan inti bumi, lapisan selimut bumi, dan lapisan kulit bumi.

Lapisan bumi ini mirip dengan struktur telur ayam, cangkang telur sebagai kulit bumi, putih telur seperti mantel bumi, sedangkan kuning telur sebagai inti bumi.

Untuk pembagian struktur dan lapisan yang menyusun bumi didapatkan dari hasil penelitian para ilmuwan. Lapisan-lapisan bumi dapat diketahui dengan mempelajari sifat-sifat fisika bumi yaitu:

  • dengan metode geofisika
  • dari kecepatan rambatan gelombang seismik
  • sifat kemagnetannya
  • gaya berat
  • data panas bumi

Dari data tersebut dapat diketahui bahwa bagian dalam bumi tersusun dari material yang berbeda-beda mulai dari permukaan bumi sampai ke inti bumi.

Lapisan inti bumi

Lapisan terdalam bumi membentuk inti Bumi. Inti bumi terbentuk dari material cair yang bertekanan sangat tinggi. Inti bumi tersusun dari mineral cair Besi (Fe) dan Nikel (Ni), disebut Nife.

Suhu di lapisan ini mendekati suhu permukaan matahari, yaitu sekitar 6.000 °C. Inti bumi terbagai menjadi dua, yaitu inti dalam bumi (inner core) yang berupa material padat, dan inti luar bumi (outer core) yang berupa cairan.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X