UGM Buka "Call Center" Covid-19, "Skrining" Gejala hingga Konsultasi Psikologis

Kompas.com - 05/04/2020, 16:51 WIB
Universitas Gadjah Mada (UGM) ShutterstockUniversitas Gadjah Mada (UGM)

KOMPAS.com - Demi memberikan edukasi kepada masyarakat seputar informasi akurat Covid-19, Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka layanan call center Covid-19. Layanan yang telah berjalan sekitar dua minggu ini terbuka bagi sivitas akademika dan masyarakat umum.

Dosen Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan, dan Kedokteran Sosial Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM dr. Hayu Qaimamunazzala, MPH. mengatakan, melalui layanan call center ini masyarakat bisa mendapatkan sejumlah manfaat.

Baca juga: Pakar UGM Prediksi Optimis Penyebaran Covid-19 Berakhir 29 Mei 2020

Manfaat tersebut mulai dari mengetahui perkembangan kasus dan informasi seputar Covid-19 yang benar, mengetahui kondisi diri, hingga konsultasi psikologis.

Hayu menyebut, selama masa uji coba dua pekan terakhir ada sekitar 40-an penelpon call center baik dari sivitas UGM maupun masyarakat. Sebagian besar pertanyaan yang muncul adalah seputar skrining diri, gejala, hingga langkah pencegahan penularan Covid-19.

"Pertanyaan yang masuk sebagian besar tentang gejala, pencegahan, apa yang harus dilakukan ketika habis bepergian tindak lanjutnya seperti apa. Tidak sedikit ada yang cemas dan panik karena merasa ada gejala," tutur Hayu dalam laman resmi UGM, Sabtu (4/4/2020).

Dia menyampaikan saat ini terdapat 600 mahasiswa dan alumni yang mendaftar sebagai relawan call center Covid-19 UGM. Para relawan ini dibekali dengan pelatihan sesuai bidang yang dikerjakan.

Baca juga: Mahasiswa Unpad Berhasil Lulus Ujian Skripsi Online, Seperti Apa?

Tim relawan call center Covid-19 UGM berasal dari berbagai macam latar belakang. Tidak hanya dari kedokteran dan keperawatan saja, tetapi juga kesehatan non medis seperti farmasi, gizi, dan kedokteran gigi, serta psikologi dan lainnya.

Relawan tak hanya menyampaikan informasi terkait Covid-19, tetapi juga diarahkan melakukan skrining kesehatan dan arahan untuk masyarakat. Termasuk memberikan layanan konsultasi psikologi yang dilakukan oleh relawan mahasiswa Fakultas Psikologi dan konselor.

"Bagi masyarakat yang memerlukan bantuan terkait Covid-19 dapat menghubungi call center UGM di nomor 08112851199," pungkas Hayu.

Layanan Covid-19 Universitas Gadjah Mada (UGM)Dok. UGM Layanan Covid-19 Universitas Gadjah Mada (UGM)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X