Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2020, 19:41 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada anak-anak dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya dengan membaca atau membacakan kisah-kisah menarik.

Salah satu nilai kebaikan yang penting disampaikan adalah tentang keberanian berbuat baik dalam situasi apa pun.

Indonesia memiliki banyak cerita rakyat berasal dari berbagai daerah. Banyak nilai-nilai luhur dapat diambil dari setiap cerita yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, tidak dapat dimungkiri, tidak semua cerita rakyat cocok dibaca anak-anak karena satu dan lain hal.

Media pendidikan karakter

Baca juga: Percaya Deh, Sains Itu Seru!

Buku "Kisah 75 Orang Pemberani dari Nusantara" dari penerbit Elex Media Komputindo ini menyajikan kumpulan cerita rakyat dari 34 provinsi di Indonesia tentang keberanian yang cocok dibaca anak-anak.

Sebagian cerita sudah sering terdengar dan diceritakan banyak orang, sebagian lain mungkin tak banyak orang yang mengetahuinya.

Tokoh-tokoh yang dikisahkan dalam setiap cerita memperlihatkan keberanian mereka untuk selalu berbuat baik, seperti menghormati orang lain, membela yang benar, menolong sesama, menghargai perbedaan, dan mengutamakan kepentingan banyak orang.

Dari kisah “Si Kepar” yang berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam, anak-anak bisa belajar untuk berani memperjuangkan keinginan mereka.

Melalui kisah “Si Kelingking” (Jambi), anak-anak akan belajar berani berbuat baik untuk banyak orang, meskipun memiliki kekurangan secara fisik.

Sementara itu, melalui kisah “Raja, Seorang Anak, dan Seekor Nyamuk” (Kalimantan Selatan) anak-anak akan belajar tentang keberanian seorang pemimpin untuk berbuat adil tanpa membeda-bedakan. Dan, masih banyak cerita rakyat lain yang menarik dalam buku ini.

Ilustrasi apik dan menarik

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com