Teknik Informatika Unpad: Jurusan Saintek Paling Ketat di SNMPTN 2020

Kompas.com - 09/04/2020, 10:38 WIB
Kampus Universitas Padjadajaran (Unpad) di Jatinangor, Kabupaten Sumedang. KOMPAS.com/RENI SUSANTIKampus Universitas Padjadajaran (Unpad) di Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

KOMPAS.com - Dari hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2020 yang diumumkan Rabu (8/4/2020), Universitas Padjadjaran (Unpad) menerima sebanyak 1.389 calon mahasiswa baru.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita mengatakan dalam laman resmi Unpad, total jumlah pendaftar SNMPTN 2020 ke Unpad sebesar 25.796 orang.

Lebih lanjut dijelaskan, jumlah tersebut menjadikan Unpad menduduki peringkat ke-4 dengan jumlah pendaftar SNMPTN terbanyak di Indonesia.

Sedangkan di urutan pertama ada Universitas Brawijaya, lalu Universitas Diponegoro dan di urutan ketiga Universitas Gadjah Mada.

Baca juga: 20 PTN Paling Diminati di SNMPTN 2020, Brawijaya Jadi Juara

Melalui konferensi pers daring yang diselenggarakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), disebutkan ada beragam prodi dengan keketatan paling tinggi di SNMPTN 2020.

Persentase keketatan sendiri diperoleh dari banyaknya pendaftar yang dibandingkan dengan jumlah calon mahasiswa yang diterima di jurusan tersebut. Bisa bilang, semakin kecil persentase keketatan, maka semakin sulit jurusan tersebut ditembus.

Di SNMPTN 2020, ada beberapa program studi di Unpad yang memiliki tingkat keketatan tertinggi. Salah satunya adalah Program Studi Teknik Informatika dengan tingkat keketatan 1,20 persen.

Prof. Arief menjelaskan, angka ini menjadikan Teknik Informatika Unpad sebagai prodi Saintek dengan tingkat keketatan tertinggi di Indonesia.

Baca juga: 40 Prodi Saintek dan Soshum dengan Keketatan Tertinggi di SNMPTN 2020

Dua prodi Saintek Unpad lainnya yang masuk 20 besar prodi dengan keketatan tertinggi di Indonesia adalah Farmasi dengan angka keketatan 1,88 persen dan Psikologi 2,20 persen.

Setelah Teknik Informatika Unpad, keketatan tertinggi untuk prodi Saintek selanjutnya ditempati oleh Farmasi Universitas Diponegoro dengan 1,26 persen serta Farmasi Universitas Sebelas Maret dengan angka 1,38 persen.

Sementara pada kelompok Sosiohumaniora, Prodi Manajemen dan Ilmu Komunikasi menjadi dua prodi di Unpad yang masuk lima besar prodi Soshum dengan keketatan tertinggi di Indonesia.

Prodi Manajemen memiliki persentase keketatan 1,31 persen serta Ilmu Komunikasi sebesar 1,42 persen.

Untuk prodi lainnya, Bisnis Digital menduduki peringkat ke-10 kelompok prodi Soshum dengan keketatan tertinggi di Indonesia, yaitu 1,91 persen.

Sementara, program studi dengan jumlah peminat terbanyak di Unpad adalah Psikologi, yaitu 2.296 orang dan Manajemen sebesar 1.532 orang.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X