Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Besar SMA/MA DIY Tertinggi Persentase Lulus SNMPTN 2020, Ini Data Sementara

Kompas.com - 11/04/2020, 10:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu SMA paling favorit di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini menduduki peringkat I hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020.

SMA itu ialah SMAN 3 Yogyakarta dengan persentase siswa diterima SNMPTN 2020 sebesar 83,1 persen. Yakni siswa diterima sebanyak 74 siswa dari 89 pendaftar.

Ditempat kedua ialah SMAN 8 Yogyakarta, 82 siswa diterima dari 104 pendaftar atau 78,8 persen. Sedang SMAN 1 Yogyakarta menduduki tempat ketiga, 88 siswa lulus SNMPTN 2020 dari 117 pendaftar atau 75,2 persen.

Baca juga: Intip Daya Tampung SBMPTN 2020 UGM, Ada 69 Prodi

Kepada Kompas.com, Sabtu (11/4/2020) Sekretaris Umum Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) DIY, Eko Yuliyanto menyatakan pihaknya masih mendata semua SMA/MA se-DIY yang siswanya diterima di SNMPTN 2020.

"Kita masih berusaha update data. Tetapi sudah banyak sekolah yang memberikan data ke kami. Jadi, datanya saat ini masih data sementara," ujarnya.

Terpisah, Kepala SMAN 3 Yogyakarta, Maman Surakhman mengatakan, peserta didiknya yang diterima sebanyak 74 dari 89 pendaftar. Artinya ada 83,1 persen.

Adapun rinciannya ialah siswa yang diterima di UGM sebanyak 71 siswa, sedangkan 3 siswa diterima di ITB.

Saat ditanya persiapan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 atau UM di PTN, dia menyatakan tidak ada kiat khusus.

Menurut dia, yang dilakukan sekolah yakni:

1. Sampai hari ini sekolah dengan cara daring masih konsisten untuk memberikan pendalaman materi, latihan soal, pendampingan psikologis dan pendampingan dalam memilih program studi.

2. Bahkan semula hari Sabtu 11 April sekolah memfasilitasi tryout UTBK untuk siswa, tapi karena ada perubahan kebijakan tentang materi UTBK yang hanya tes potensi skolastic (TPS) maka tryout kami tunda sambil kami menyesuaikan materinya.

3. Melalui daring pula kami memberdayakan wali kelas dan BK untuk selalu memantau dan mangefektifkan komunikasi dengan orang tua siswa agar konsistensi dan kontinuitas belajar anak-anak selalu terjaga.

4. Pendampingan terhadap siswa akan kami lanjutkan secara daring meski dalam kondisi wabah Covid-19, sampai SBMPTN dan ujian mandiri PTN selesai.

Berikut ini 20 besar hasil sementara SNMPTN 2020 SMA/MA di DIY pukul 09.00 WIB data dari MGBK DIY:

1. SMAN 3 Yogyakarta
Diterima: 74
Pendaftar: 89
Persentase: 83,1 persen

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com