Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SNMPTN 2020, Ini Prodi Saintek dan Soshum di Unpad yang Paling Diminati Siswa

Kompas.com - 09/04/2020, 20:58 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 1.389 orang diterima di Universitas Padjajaran (Unpad) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020.

Dikutip dari laman Unpad, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, mengatakan, total jumlah pendaftar SNMPTN ke Unpad sebesar 25.796 orang. Jumlah ini menjadikan Unpad menduduki peringkat ke-4 dengan jumlah pendaftar SNMPTN terbanyak di Indonesia.

Ada beberapa program studi di Unpad yang memiliki tingkat keketatan tertinggi. Salah satunya adalah Program Studi Teknik Informatika dengan tingkat keketatan 1,20 persen. Angka ini menjadikan Teknik Informatika sebagai prodi Saintek dengan tingkat keketatan tertinggi di Indonesia.

Dua program studi (prodi) Sains dan Teknologi (Saintek) di Unpad lain yang masuk 20 besar prodi dengan keketatan tertinggi di Indonesia adalah Farmasi (1,88 persen) dan Psikologi (2,20 persen).

Baca juga: Unpad Buka Daftar Ulang Online Calon Mahasiswa Jalur SNMPTN 2020

Sementara pada kelompok Sosiohumaniora (Soshum), Prodi Manajemen dan Ilmu Komunikasi menjadi dua prodi di Unpad yang masuk lima besar prodi Soshum dengan keketatan tertinggi di Indonesia. Prodi Manajemen memiliki persentase keketatan 1,31 persen serta Ilmu Komunikasi sebesar 1,42 persen.

Lainnya, prodi Bisnis Digital menduduki peringkat ke-10 kelompok prodi Soshum dengan keketatan tertinggi di Indonesia, yaitu 1,91 persen.

Sementara, prodi dengan jumlah peminat terbanyak di Unpad adalah Psikologi, yaitu 2.296 orang dan Manajemen sebesar 1.532 orang.

Berikut prodi Saintek dan Soshum di Unpad yang paling diminati siswa pada SNMPTN 2020.

Saintek

  1. Teknik Informatika
  2. Farmasi
  3. Psikologi
  4. Ilmu Keperawatan
  5. Ilmu Aktuaria

Soshum

  1. Manajemen
  2. Ilmu Komunikasi
  3. Bisnis Digital
  4. Akuntansi
  5. Sosiologi

***

Kompas.com memberikan link hasil pengumuman resmi SNMPTN 2020 melalui tautan sbmptn.kompas.com/2020 serta akan diumumkan melalui harian Kompas pada tanggal 9 April 2020.

Kompas.com menghadirkan liputan khusus "SBMPTN 2020" dengan konten berbagai informasi dan tips terkait SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN, serta fitur Tes Minat Bakat dan Try Out gratis melalui tautan sbmptn.kompas.com/2020.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com