Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Pelatihan Kartu Prakerja, Sertifikat hingga Insentif Bulanan

Kompas.com - 15/04/2020, 11:46 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Di tengah ketidakpastian ekonomi terkait pandemi Covid-19, Pemerintah RI berharap program Kartu Prakerja dapat membantu tenaga kerja untuk meningkatkan keterampilan melalui pelatihan online maupun offline.

Pendaftaran Kartu Prakerja sendiri telah dibuka pada minggu kedua April 2020, tepatnya Sabtu (11/4/2020), dan masih terbuka pendaftaran online.

Kartu Prakerja tidak hanya bisa diikuti oleh "fresh graduate" atau mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga para buruh, karyawan dan pegawai.

Singkatnya, semua warga bangsa yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah, boleh mendaftar dan berkesempatan mendapat pelatihan.

Baca juga: 5 Hal Ini Buat Gaji Kamu Lebih Tinggi dari Standar Fresh Graduate

Mendapat Insentif bulan

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Purbasari, mengatakan setiap peserta nantinya akan mendapatkan uang insentif sebesar Rp 3.550.000 yang dikirimkan bertahap selama empat bulan.

Insentif tersebut terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000, insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50.000 per survei untuk tiga kali survei atau total Rp 150.000 per peserta.

“Program Kartu Prakerja akan menyasar sekitar 5,6 juta peserta di tahun 2020, dengan besaran bantuan pelatihan dan insentif yang diterima oleh masing-masing peserta sebesar Rp 3.550.000," jelas Denni seperti dilansir Kompas.com.

Baca juga: Sederet Hobi Ini Dapat Membuat Mahasiswa Mudah Cari Kerja

Insentif akan disalurkan melalui rekening e-wallet atau rekening bank peserta yang telah didaftarkan di akun Prakerja.

Insentif tersebut diharapkan dapat membantu para pencari kerja, guru honorer, buruh, maupun karyawan yang terdampak ekonomi Covid-19.

Tingkatkan peluang karier

Merangkum laman Sekolahmu, platform penyelenggara resmi pelatihan Kartu Prakerja, Kartu Prakerja menawarkan sertifikasi keahlian yang membuat calon karyawan lebih diprioritaskan di dunia kerja sehingga dapat meningkatkan peluang karier.

Berikut 7 manfaat lain dari mengikuti pelatihan Kartu Prakerja, melansir Sekolahmu:

1. Efektivitas kerja

Karyawan yang terlatih dinilai lebih mampu menggunakan bahan dan peralatan kerja dengan lebih baik dan ekonomis. Selain itu, risiko kecelakaan dan kerusakan peralatan menjadi lebih minimal bila ditangani oleh karyawan yang telah terlatih.

Sehingga dapat mengurangi biaya produksi per unit dan mempekerjakan karyawan bersertifikasi menjadi keuntungan sendiri bagi industri maupun perusahaan.

2. Lebih produktif

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com