8 Rekomendasi PPI dari 57 Negara untuk Pemerintah Tangani Corona

Kompas.com - 17/04/2020, 14:00 WIB
Ilustrasi Covid-19 DOK. PIXABAYIlustrasi Covid-19

KOMPAS.com - Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia ( PPI Dunia) merilis surat terbuka untuk pemerintah Indonesia berisi rekomendasi kebijakan terkait penanggulangan virus Covid-19 di Indonesia.

Surat terbuka tersebut dibuat mengingat kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia yang belum menunjukkan tanda-tanda perbaikan.

“Sesuai konstitusi PPI Dunia, kami mempunyai tanggung jawab moral untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan Indonesia. Dengan adanya wabah COVID-19 ini, kami tergerak untuk menawarkan sumbangsih berupa gagasan mahasiswa Indonesia di luar negeri dalam melawan wabah COVID-19 di Indonesia,” ujar Koordinator PPI Dunia periode 2019/2020, Fadlan Muzakki.

Surat terbuka tersebut merupakan hasil konsensus 57 PPI negara yang terbagi dalam 3 kawasan yakni Kawasan Asia-Oceania, Amerika-Eropa, dan Timur Tengah-Afrika. Masing-masing diantara mereka memberikan masukan dari berbagai aspek.

Baca juga: 16 Aturan Resmi Penanganan Corona di Institusi Pendidikan, Sekolah dan Perguruan Tinggi

Muhammad Iksan Kiat, Kepala Pusat Kajian dan Gerakan PPI Dunia, menyampaikan surat terbuka berisi 17 butir memuat rekomendasi kebijakan dari segi ekonomi, kesehatan, pendidikan, hubungan luar negeri, informasi masyarakat, pertahanan, dan keamanan yang dapat dipertimbangkan untuk mempercepat penanggulangan pandemi COvid-19 di Indonesia.

“Tantangan terbesar adalah mewujudkan policy to reality. Untuk itu perlu koordinasi yang kompak antar lembaga pemerintah, para stakeholders, dan pihak-pihak yang terlibat dalam penanggulangan COVID-19," ujar Iksan Kiat, mahasiswa S2 Teknik Gas dan Ekonomi Migas di Gubkin Russian State University, Rusia.

Ia menambahkan, " Pemerintah dituntut untuk mampu melakukan pemantauan secara berkala, kontinyu, dan menyeluruh sampai ke tingkat akar rumput.” 

Sebelumnya, PPI Dunia mengapresiasi pemerintah yang telah menetapkan status pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk sejumlah daerah di Indonesia.

“PPI Dunia sangat mendukung kebijakan tersebut karena sesuai dengan rekomendasi WHO untuk melakukan physical distancing demi meminimalisir penyebaran COVID-19,” ujar Fadlan Muzakki, mahasiswa S3 Politik Internasional di Fudan University, China.

Berdasarkan rilis surat terbuka PPI Dunia, berikut adalah gambaran secara umum 8 rekomendasi untuk pemerintah Indonesia dalam penanganan pandemi Covid-19:

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X