Siswa hingga Orangtua, Ini 6 Cara Atasi Stres Selama Covid-19

Kompas.com - 23/04/2020, 06:10 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|

KOMPAS.com - Sudah sebulan lebih pemerintah menerapkan kebijakan untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah di rumah.

Ini semua tentu karena wabah virus corona atau Covid-19 yang kini penyebarannya makin meluas ke seluruh daerah di Indonesia.

Tak heran jika masyarakat banyak menemui kendala dalam kehidupan sehari-harinya. Bahkan tak jarang menimbulkan rasa stres selama wabah yang tak kunjung usai ini.

Baca juga: Anak Stres Belajar di Rumah? Ini Tips dari Sekolah Lawan Corona

Agar Anda tidak merasa stres, maka harus memperhatikan pesan dari WHO ini. Pesan ini berlaku bagi masyarakat mulai dari siswa sekolah, kuliah hingga orangtua.

Berikut ini tulisan dari admin Instagram Kemdikbud RI pada Rabu (22/4/2020) sore:

#SahabatDikbud, wajar atau tidak, ya, jika kita mengalami stres selama masa pandemi Covid-19 ini? Apa saja yang dapat kita lakukan saat mengalami stres?

Yuk, simak pesan dari @who berikut!

6 Pesan WHO yang dirangkum dari akun resmi Instagram Kemdikbud RI:

1. Bicara dengan keluarga/teman

Wajar jika kita merasa tertekan atau stres, bingung, takut atau marah ketika terjadi krisis. Berbicaralah dengan orang yang Anda percayai dapat membantu dalam keadaan ini. Hubungi teman dan keluarga Anda.

2. Jaga pola hidup sehat

Jika Anda harus tetap tinggal di rumah, jaga hidup sehat, termasuk pola makan, tidur, olahraga yang baik, dan hubungan dengan orang-orang terkasih di rumah melalui komunikasi anggota keluarga serta teman-teman di luar.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X