Kompas.com - 23/04/2020, 09:51 WIB

KOMPAS.com - Pada pemeringkatan Times Higher Education (THE) University Impact Rankings 2020, IPB University meraih peringkat ke-77 sebagai kampus terbaik di dunia.

Pemeringkatan tersebut disampaikan dalam pertemuan virtual bertema “THE Innovation & Impact Summit” yang juga dihadiri oleh perwakilan IPB University secara daring pada Rabu 22 April 2020.

Prestasi tersebut menjadi lompatan signifikan IPB dibanding capaian tahun 2019, yakni berada pada Peringkat (201-300).

Pada pemeringkatan tersebut, penilaian secara keseluruhan IPB University berada pada peringkat 77 dunia. Namun, untuk lima tujuan SDGs, IPB masuk dalam jajaran 50 kampus terbaik dunia.

Baca juga: Saran Pakar IPB agar Barang Belanja dan Makanan Delivery Bebas Corona

Sustainable Development Goals disingkat dengan SDGs merupakan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang terdiri atas 17 tujuan dengan 169 capaian terukur yang ditentukan oleh PBB. Menjadi agenda pembangunan dengan tujuan keselamatan manusia dan planet bumi.

Berikut lima tujuan SDGs yang dicapai oleh IPB menurut THE Impact Ranking 2020:

1. Peringkat 11 dunia untuk SDG-2: Zero Hunger, yaitu untuk mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan nutrisi yang lebih baik dan mendukung pertanian berkelanjutan.

2. Peringkat 19 SDG-5: Gender Equality, untuk mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan dan anak perempuan.

Baca juga: Daftar Kampus Indonesia dengan Lulusan Siap Kerja Versi QS WUR 2020

3. Peringkat 33 untuk SDG-15: Life on Land, yaitu untuk melindungi, memulihkan dan mendukung penggunaan yang berkelanjutan terhadap ekosistem daratan, mengelola hutan secara berkelanjutan, memerangi desertifikasi (penggurunan) dan menghambat dan membalikkan degradasi tanah dan menghambat hilangnya keanekaragaman hayati.

4. Peringkat 34 untuk SDG-14: Life below Water, yaitu untuk mengkonservasi dan memanfaatkan secara berkelanjutan sumber daya laut, samudra dan maritim untuk pembangunan yang berkelanjutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.