Webinar Gratis Guru: Belajar Online Menyenangkan dengan EdPuzzle

Kompas.com - 01/05/2020, 10:33 WIB
Salah satu Webinar peningkatan kompetensi guru Eduversal. DOK. EDUVERSALSalah satu Webinar peningkatan kompetensi guru Eduversal.

KOMPAS.com - Kebosanan menjadi salah satu tantangan dalam proses belajar dari rumah yang dilakukan secara daring. Guru harus pandai menyiasati proses ini agar siswa tetap antusias dalam belajar selama wabah Covid-19 ini.

Menjawab tantangan ini, Eduversal dan Sekolah Pribadi Bilingual Depok akan menggelar webinar pengembangan kompetensi guru gratis pada Sabtu, 2 Mei 2020, pukul 12.30-13.30 WIB mengangkat tema "Membuat Video Pembelajaran Interaktif Menggunakan Edpuzzle".

Acara yang akan dibawakan Maman Firmansyah dari Sekolah Pribadi Depok ini dapat diakses secara gratis melalui:

"Meskipun dapat menggunakan video conference untuk kegiatan tatap muka langsung lewat aplikasi Zoom, Google Meet, dan yang lainnya, ada kondisi ketika guru tidak dapat memberi pelajaran kepada siswa," ujar Maman Firmansyah. 

Baca juga: Webinar Classtime, Panduan Penggunaan dan Link Asesmen Gratis untuk Guru

Memantau interaksi siswa

Maman menjelaskan, jika ada tugas atau hal lain sehingga kegiatan video conference tidak dapat dilakukan, memberikan materi lewat video pembelajaran merupakan salah satu cara, agar siswa tetap dapat mempelajari suatu materi meskipun tidak secara langsung dijelaskan oleh guru.

Materi pembelajaran yang diberikan lewat video memberikan kesempatan bagi setiap siswa untuk mempelajari materi tersebut sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

" Siswa dengan kemampuan belajar yang lambat akan memiliki kesempatan menonton video berkali-kali sampai ia paham, tanpa merasa malu untuk bertanya jika ia tidak paham," jelas Maman, Guru Matematika Pribadi Bilingual Boarding School Depok.

Lebih jauh Maman menjelaskan Edpuzzle yang akan diangkat pada webinar nanti tidak hanya memberikan video untuk sekedar ditonton oleh siswa, tetapi video yang interaktif.

"Maksudnya, lewat video yang ditonton oleh siswa, guru dapat mengetahui beberapa hal seperti seberapa paham siswa dengan video yang ditonton.

Hal ini dapat diperoleh dari respon jawaban yang diberikan oleh siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan ketika menonton video tersebut.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X