Kompas.com - 12/05/2020, 09:58 WIB

KOMPAS.com - Masa pandemi Covid-19 membuat sejumlah mahasiswa kini sulit memenuhi target magang atau Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Selain terbatasnya aktivitas di luar rumah, beberapa perusahaan lokal tanah air kini terpaksa merumahkan pekerjanya atau bahkan memutuskan untuk tutup dan tidak beroperasi lagi. Sehingga tawaran magang pun menjadi sedikit.

Untuk membantu memberikan solusi atas permasalahan ini, Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (JSI Filkom UB) melakukan inisiatif kerja sama dengan industri kreatif dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Malang untuk mengadakan PKL daring (online).

Baca juga: Universitas Pertahanan Buka Pendaftaran S1, Bebas Biaya Kuliah

Ketua JSI Filkom UB Eng Herman Tolle mengatakan, langkah ini merupakan tindak lanjut dari diskusi JSI Filkom UB dengan Wakil Rumah Pengusaha Malang Raya (RPMR) dan Dinas Perindustrian Kota Malang, pada 18 April 2020 lalu di Radio Malang City Guide.

Kerja sama dilakukan dalam bentuk pemberian akses bebas biaya untuk memasang lowongan kebutuhan tenaga PKL daring di portal daring JSI Filkom UB.

"Untuk lowongan internal diperuntukkan khusus bagi mahasiswa JSI. Tapi untuk lowongan dari perusahaan eksternal bisa seluruh mahasiswa Filkom baik JSI maupun Jurusan Teknik Informatika," kata Herman seperti dilansir dari laman UB, Senin (11/5/2020).

Diharapkan, adanya mahasiswa yang direkrut oleh UKM atau industri kreatif dapat membantu efisiensi pemenuhan kebutuhan perusahaan akan keterampilan yang berhubungan dengan Teknologi Informasi (TI) maupun pemasaran.

Sementara itu, dari pihak universitas juga diuntungkan karena membantu mahasiswa yang kesulitan mendapatkan tempat magang yang memberlakukan sistem daring.

Baca juga: Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan yang Buka Pendaftaran 8-23 Juni 2020

Jenis pekerjaan yang bisa ditawarkan PKL daring antara lain pengembangan aplikasi (mobile/web), perancangan UI/UX, manajemen dan analisis data, digital marketing dan content creator.

Bagi mahasiswa Filkom UB yang kelompoknya belum mendapat tempat PKL daring dapat mendaftarkan kelompoknya untuk dibantu mencari tempat PKL dengan mengisi form pengajuan di https://bit.ly/JSI-kelompokPKL.

Bagi industri kreatif maupun UKM yang membutuhkan bantuan tenaga mahasiswa dan berminat untuk membuka lowongan PKL daring bisa langsung mengisi formulir secara daring melalui https://bit.ly/JSIUB-daftarPKL.

Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 20 perusahaan yang meng-input kebutuhan mahasiswa PKL di portal daring JSI Filkom UB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.