Akademisi Unair: Nutrisi pada Ikan Berpotensi Cegah Infeksi Virus

Kompas.com - 14/05/2020, 09:35 WIB
ilustrasi makan ikan shutterstockilustrasi makan ikan

KOMPAS.com - Dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Airlangga ( Unair) Muhamad Nur Ghoyatul Amin memberikan informasi mengenai kandungan nutrisi dalam ikan yang potensial untuk cegah infeksi Covid-19.

Hal tersebut sejalan dengan anjuran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan cara mengonsumsi makanan mengandung vitamin dan mineral, salah satunya adalah ikan.

Menurut Ghoyatul, nutrisi yang terkandung dalam ikan memiliki potensi untuk mencegah infeksi, baik itu virus, bakteri, jamur.

“Melihat dari aspek nutrisi yang terkandung, iya, ikan memiliki potensi untuk mencegah infeksi dari bakteri, jamur, dan virus,” ujar Ghoyatul seperti dikutip dari laman Unair, Selasa (12/5/2020).

Baca juga: Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan yang Buka Pendaftaran 8-23 Juni 2020

Bahasan tentang nutrisi pada ikan yang bisa mencegah infeksi patogen ini merujuk pada jurnal berjudul Potential Interventions for Novel Coronavirus in China: A Systematic Review.

Jurnal tersebut tersebut membahas potensi nutrisi makro dan mikro nutrien yang berperan dalam penanganan infeksi virus secara umum, yakni Vitamin A, B, C, D, E, asam lemak omega 3, dan mineral seperti salinium, zat besi, dan zinc.

“Dari daftar nutrisi tersebut, ikan sangat berpotensi dijadikan metode pencegahan untuk mengurangi risiko dari infeksi virus,” ujar Ghoyatul yang merupakan peneliti di bidang food chemistry.

Untuk jenis ikan, ternyata tak hanya terbatas ikan bersirip saja seperti ikan bandeng, tuna, dory, nila, patin, lele.

Baca juga: Universitas Pertahanan Buka Pendaftaran S1, Bebas Biaya Kuliah

Biota akuatik lainnya seperti udang, timun laut, cumi-cumi, gurita, dan rumput laut termasuk dalam kategori ikan yang dimaksud.

Hanya saja, pilihan terbaik ialah ikan dengan kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6 seperti ikan tuna, makarel, patin, dan salmon.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X