Rangkuman "Pesona di Balik Enceng Gondok", Belajar dari TVRI 15 Mei 2020

Kompas.com - 15/05/2020, 22:34 WIB
Tangkapan layar Belajar dari Rumah di TVRI DOK/TVRITangkapan layar Belajar dari Rumah di TVRI

KOMPAS.com – Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan "Pesona di Balik Eceng Gondok", yang tayang pada pukul 09.30 – 10.00 WIB untuk SMP dan sederajat pada 15 Mei 2020.

Belajar dari Rumah adalah Program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Baca juga: Jejak-jejak Perjuangan Panglima Besar Jendral Sudirman

Dalam tayangan tersebut dijelaskan Pesona Dibalik Eceng Gondok yang memiliki manfaat nilai ekonomi yang di hasilkan. meskipun sering dianggap sebagai gulma berikut adalah berikut adalah ulasan mengenai eceng gondok.

Mengenal Eceng Gondok

Eceng gondok adalah tanaman air yang hidup mengapung dengan nama ilmiah Eichhornia crassipes. Orang yang pertama kali menemukan spesies eceng gondok adalah seorang ahli botani dari Jerman bernama Carl Friedrich Philipp von Martius.

Habitat Eceng Gondok

Eceng gondok biasa tumbuh di kolam dangkal, rawa, lahan basah, aliran air yang lambat, danau, penampungan air dan sungai yang arus airnya relatif tenang.

Tumbuhan air ini dapat berkembang biak dengan sangat cepat sehingga sering dianggap sebagai gulma yang bisa merusak tatanan lingkungan perairan.

Eceng gondok adalah tumbuhan yang sangat kuat dan mampu beradaptasi di hampir semua lingkungan.

Tumbuhan ini mampu beradaptasi dengan perubahan kondisi air yang ekstrem. Bahkan enceng gondok juga dapat bertahan dari berbagai jenis racun serta zat kimia berbahaya yang terkandung dalam air.

Dampak Negatif

Meskipun memiliki nilai ekonomi sebenarnya penyebaran eceng gondok yang tidak terkendali tentu menyebabkan gangguan lingkungan, antara lain:

1. Meningkatnya Penguapan Air:Populasi enceng gondok yang terlalu banyak akan berpengaruh terhadap meningkatnya penguapan karena daun-daun eceng gondok yang lebar serta pertumbuhannya yang cepat.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X