Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Film Pendek “ Server Not Found”, Belajar dari TVRI 25 Mei 2020

Kompas.com - 25/05/2020, 22:36 WIB
Irfan Kamil,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan Film Pendek, Episode: “Server Not Found” yang tayang pada pukul 09.00 - 09.30 WIB pada 25 Mei 2020.

Belajar dari Rumah adalah Program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Baca juga: Rangkuman Film Pendek Kalimat Sakti Bapak, Belajar dari TVRI 18 Mei 2020

Berikut adalah rangkuman Film Pendek, Episode: “Server Not Found”:

Film ini menggambarkan jika internet ditiadakan oleh pemerintah, bagaimana kondisi masyarakat tanpa internet, dan apa dampak positif dan negatif yang muncul.

Di beritakan masyarakat mengalamai gangguan psikologis akibat ditiadakannya intenet oleh pemerintah. Banyak masyarakat tidak siap dengan kehilangan koneksi interntet yang sangat mempengaruhi banyak aspek kehidupan.

Keadaan semakin tidak kondusif karena banyak orang merasa dirugikan. Namun di satu sisi lain dapat membangkitkan berbagai hal yang telah ditinggalkan, misalnya surat menyurat dan wartel.

Seorang anak bernama Iwa bertemu dengan temannya bernama Jon. Mereka bertabrakan di jalan karena Iwa ingin ke tempat Jon. Iwa mengatakan tidak bisa berkabar kepada Jon  karena koneksi internet terputus.

Mereka membicarakan situasi akibat tidak adanya internet, dan merencanakan sebuah petualangan mencari wifi agar orang-orang dapat menikmati kembali internet. Mereka berjanji bertemu jam delapan untuk melakukan perjalanan mencari WiFi.

Perjalanan mencari wifi

Mereka jalan mencari dan mendeteksi keberadaan Wifi  hingga masuk sampai ke hutan. Singkat cerita, mereka akhirnya menemukan sebuah benda memancarkan sinyal dan benda itu adalah wifi.

Banyak orang akhirnya mengejar karena mereka, karena mereka memiliki wifi.

Mereka berpendapat akibat wifi, orang-orang menjadi zombie karena butuh internet. Mereka pun menyadari kalau pertemanan mereka menjadi kurang baik akibat mereka sering bermain game di internet

Iwa dan Jon saling berminta maaf dan mereka sepakat wifinya dihancurkan. Mereka berpikir pasti ada alasan mengapa pemerintah memutus jaringan internet; membuat kecanduan, dan menjadikan manusia sperti "zombie".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com