Era New Normal, Pakar UB: Kesadaran dan Disiplin Kunci Tetap Sehat

Kompas.com - 28/05/2020, 12:54 WIB
Ilustrasi new normal. Orang-orang mulai kembali bekerja di kantor. SHUTTERSTOCK/INTERSTIDIlustrasi new normal. Orang-orang mulai kembali bekerja di kantor.

KOMPAS.com - Kehidupan di era "New Normal" mengharuskan manusia untuk melakukan gaya hidup baru di tengah pandemi Covid-19 agar tetap sehat dan bertahan hidup.

Pakar komunikasi dan Management Krisis Universitas Brawijaya ( UB) Maulina Pia Wulandari mengatakan, kesadaran dan disiplin menjadi dua hal penting di era normal baru.

New normal life, menurut Pia, adalah melakukan aktivitas normal dengan menggunakan standar protokol Covid-19.

Standar protokol Covid-19 tersebut seperti cuci tangan sesering mungkin, menghindari menyentuh daerah wajah, menerapkan etika batuk dan bersin, gunakan masker, dan menjaga jarak sosial atau social distancing.

Baca juga: Belajar dari Beijing: Jalani Normal Baru, Bangkit dari Pandemi Corona

Menurutnya, masyarakat harus memiliki kesadaran dan disiplin untuk menerapkan gaya hidup baru tersebut dan lebih fokus pada keselamatan dan kesehatan diri sendiri, keluarga dan orang lain.

"Sayangnya, di Indonesia masyarakatnya belum memiliki tingkat kesadaran dan disiplin yang tinggi," katanya seperti dilansir dari laman Universitas Brawijaya, Kamis (28/5/2020).

Untuk itu, Pia mengatakan perlu ada sanksi tegas untuk meningkatkan kesadaran dan disiplin masyarakat yang kini masih rendah .

Pemberian sanksi tegas, lanjutnya, akan membentuk masyarakat yang disiplin dan patuh terhadap peraturan.

Baca juga: KIP Kuliah Jalur SBMPN dan SBMPTN 2020 Dibuka, Ini Alur Pendaftaran

"Jika tidak ada sanksi tegas maka peraturan tersebut seolah seperti macan ompong. Seperti contohnya penerapan peraturan pemakaian seragam di sekolah. Semua murid patuh karena ada sanksi tegas yang mengatur," katanya.

Selain menerapkan aturan tegas, lanjut Pia, dalam menerapkan new normal life harus ada sosialisasi ke masyarakat sesuai karakteristik orang Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X