Unair Gelar Diskusi SBMPTN 2020, Ini Pesan Rektor untuk Calon Mahasiswa

Kompas.com - 03/06/2020, 13:41 WIB
Universitas Airlangga Dok. UnairUniversitas Airlangga

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi membuka pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 pada 2 Juni 2020 hingga 20 Juni 2020.

Sedangkan pelaksanaan tes UTBK 2020 akan berlangsung pada tanggal 5 hingga 12 Juli, serta pengumuman SBMPTN pada 25 Juli 2020.

Rektor Universitas Airlangga ( Unair) Prof. Mohammad Nasih bersama Direktur Sistem Informasi (DSI) Badrus Zaman menggelar diskusi via Youtube dan Zoom terkait pendaftaran dan pelaksanaan UTBK- SBMPTN 2020.

Baca juga: Daftar Lengkap 64 Jurusan UI dan Daya Tampung di SBMPTN 2020

Bincang daring ini bertujuan untuk memberikan informasi dan arahan kepada publik, terutama calon mahasiswa yang akan mengikuti UTBK-SBMPTN 2020.

Berikut rangkuman Bincang UTBK dan SBMPTN 2020 Unair terkait UTBK-SBMPTN 2020:

1. Pemilihan lokasi pusat UTBK

Prof.Nasih menjelaskan bahwa pemilihan pusat UTBK pada proses pendaftaran UTBK SBMPTN 2020 tidak ada hubungan dengan pilihan program studi (prodi) dan PTN.

Misalnya, meski pusat UTBK atau tempat UTBK terletak di Unair, namun tak masalah bila calon mahasiswa memilih program studi di Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada atau universitas lainnya.

Baca juga: Ikatan Dokter Anak Anjurkan Sekolah Tidak Dibuka sampai Desember 2020

“Anjuran pertama saya berkaitan dengan kondisi saat ini, tolong pilih pusat UTBK yang terdekat dengan kediaman kawan-kawan semuanya,” ucap Prof. Nasih dalam diskusi daring, Selasa (2/6/2020), seperti dilansir dari laman Unair News.

2. Gunakan foto terbaru

Hal lain yang perlu diperhatikan ialah persyaratan foto. Calon mahasiswa diharapkan menggunakan foto terbaru yang sesuai dengan wajah calon peserta.

Persyaratan foto ini penting karena akan mempercepat proses pemeriksaan. Mereka yang foto tidak sama akan dikembalikan dan tidak boleh mengikuti ujian.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X