Program Studi Sarjana Terapan ITS Ramai Peminat, 3 Prodi Jadi Favorit

Kompas.com - 03/06/2020, 14:55 WIB
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Institut Teknologi Sepuluh Nopember

KOMPAS.com - Sejak pendaftaran jalur prestasi dibuka 11 Mei 2020 lalu, program studi Sarjana Terapan Fakultas Vokasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS) disebut ramai peminat.

Peminat program studi Sarjana Terapan Fakultas Vokasi ITS jalur prestasi meningkat lebih dari empat kali lipat ketimbang tahun 2019 yang hanya sekitar 321 peserta.

Sebanyak 1.470 lulusan SMA/SMK sederajat tercatat telah mendaftar di delapan program studi (prodi) sarjana terapan ITS.

Dekan Fakultas Vokasi ITS, Prof Ir Muhammad Sigit Darmawan mengatakan, peningkatan jumlah pendaftar kali ini dipicu oleh perubahan persepsi dan pola pikir masyarakat terhadap program pendidikan vokasi.

Baca juga: Link dan Cara Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020

“Selain itu, berbagai pencapaian dan prestasi Fakultas Vokasi ITS juga turut andil dalam meningkatkan kepercayaan para siswa SMA/SMK,” ujar Guru Besar Bidang Keteknikan Sipil ITS tersebut, seperti dilansir dari laman ITS, Rabu (3/6/2020).

Program studi vokasi ITS yang paling banyak peminat pada jalur prestasi ialah:

  1. Prodi Statistika Bisnis
  2. Prodi Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil
  3. Prodi Teknologi Rekayasa Kimia Industri

Baca juga: 20 Jurusan UI Paling Diminati di SBMPTN dan Daya Tampung 2020

Jadwal pendaftaran Fakultas Vokasi ITS jalur reguler

Bagi peserta yang belum mendaftar atau tak lolos jalur prestasi yang pendaftarannya telah ditutup sejak 29 Mei 2020, dapat mendaftar pada program sarjana terapan ITS melalui jalur reguler dan jalur mandiri yang akan dibuka pada 20 Juli 2020 mendatang.

Kuota mahasiswa baru yang akan diterima di program sarjana terapan (vokasi) ITS melalui jalur reguler dan mandiri masing-masing sebanyak 336 dan 252 mahasiswa.

Pendidikan tinggi berbasis vokasi yang diselenggarakan ITS, lanjut Sigit, juga memiliki porsi pembelajaran teori sebesar 40 persen dan praktik 60 persen.

Baca juga: 8 Perguruan Tinggi BUMN Tawarkan Beasiswa S1, Subsidi Biaya Kuliah

Sehingga, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diharapkan tak lagi ragu untuk melanjutkan pendidikannya ke tingkat perguruan tinggi.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X