Pendaftaran Online Bintara TNI AL bagi Lulusan SMA Masih Dibuka

Kompas.com - 07/06/2020, 12:19 WIB
Tangkapan layar rekrutmen TNI AL. DOK.Laman Rekrutmen TNI ALTangkapan layar rekrutmen TNI AL.
|

KOMPAS.com - Hingga kini, masyarakat masih dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19. Karenanya, banyak jadwal kegiatan yang harus ditunda. Salah satunya Rekrutmen Bintara TNI Angkatan Laut (AL).

Bagi calon prajurit TNI AL yang ingin mendaftar, maka harus menyimak informasi ini dengan baik. Adapun informasi dilansir dari laman resmi Rekrutmen TNI AL.

Pada penerimaan calon Bintara Prajurit Karier Pria/Wanita AL Gelombang I Tahun 2020, dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi penyebaran virus corona (Covid-19), maka pelaksanaan seleksi penerimaan Calon Bintara Pria dan Bintara Wanita TA.2020 ditunda sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Baca juga: Info Rekrutmen Bintara TNI AL bagi Lulusan SLTA, Validasi Ditunda

Namun untuk pendaftaran online tetap dibuka sampai ada pemberitahuan lebih lanjut. Karena itu, lulusan SLTA atau SMA/MA/SMK semua jurusan yang bercita-cita ingin menjadi prajurit AL, harus segera persiapkan diri.

Informasi yang dilansir dari http://al.rekrutmen-tni.mil.id/, berikut alur pendaftarannya untuk menjadi bintara TNI AL.

Persyaratan umum

1. Warga Negara Indonesia, pria dan wanita, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945, bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

2. Usia serendah-rendahnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada tanggal 30 Juli 2020.

3. Berijazah minimal lulusan SMA/MA/SMK semua jurusan dengan nilai rata-rata (UAN ditambah UAS) minimal 5,5 atau kelas 12 dengan nilai rata-rata rapot semester 1-5 tidak kurang dari 6,50 serta sudah terdaftar sebagai peserta UAN.

4. Tinggi badan minimal 163 cm untuk Caba Pria dan 157 cm untuk Caba Wanita dengan berat badan seimbang.

5. Berkelakuan baik dan tidak sedang kehilangan hak untuk menjadi Prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap disertai dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres setempat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X