Kompas.com - 10/06/2020, 12:40 WIB
Universitas Airlangga Dok. UnairUniversitas Airlangga

KOMPAS.com - Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) kembali merilis peringkat universitas top dunia pada tahun 2021. Dari daftar tersebut, lima universitas di Indonesia berhasil naik peringkat daftar pemeringkatan top dunia.

"Alhamdulillah QS Top University Ranking 2021 sudah dirilis. Perguruan Tinggi Indonesia banyak yang naik peringkat. UGM (peringkat) 254, UI 305, ITB 313, Unair 521-530, IPB 531-540," kata Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Plt. Dirjen Dikti Kemendikbud), Nizam dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (10/6/2020).

Pemeringkatan QS WUR diadakan setiap tahun untuk membantu masyarakat mengenali universitas terkemuka di berbagai negara sesuai dengan rumpun atau bidang ilmu tertentu, termasuk mencari tahu universitas terbaik di Indonesia.

Baca juga: 8 Kampus Terbaik Indonesia di Pemeringkatan Dunia QS WUR 2021

Pemeringkatan ditentukan berdasarkan penilaian atas situasi, produktivitas, dampak penelitian (h-index), serta hasil survei global yang dilakukan kepada pengguna lulusan dan kalangan akademisi.

Pemeringkatan QS WUR 2021 mencakup beragam bidang keilmuan dari ranah ilmu yang berbeda, seperti Art and Humanities, Enginering and Technology, Life Science and Medical, Natural Sciences, dan Social Science and Management.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

QS World University Ranking 2021 memeringkatkan 1.000 universitas terbaik dari seluruh dunia, yang mencakup 80 lokasi berbeda.

Pada tahun ini dari sekitar 5.500 perguruan tinggi, ada 1.000 yang masuk dalam daftar pemeringkatan, diantaranya ada enam Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dari Indonesia.

Massachusetts Institute for Technology (MIT) masih menjadi universitas yang menduduki posisi pertama sejak tahun 2020 sebagai universitas terbaik di dunia versi QS WUR 2021.

Sementara untuk kampus Indonesia, Universitas Gadjah Mada (UGM) melesat ke peringkat 254 dunia, naik 66 peringkat dibandingkan capaian QS WUR 2020 yaitu peringkat 320 dunia.

Capaian tersebut membuat UGM menjadi universitas terbaik di Indonesia menurut pemeringkatan QS WUR 2021.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X