Kompas.com - 17/06/2020, 15:59 WIB
Para peserta ujian SBMPTN berbasis komputer (UTBK) di salah satu panitia lokal Jakarta Kampus UI Depok (8/5/2018) Dok. Kompas.comPara peserta ujian SBMPTN berbasis komputer (UTBK) di salah satu panitia lokal Jakarta Kampus UI Depok (8/5/2018)

KOMPAS.com - Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 akan segera ditutup 3 hari lagi, yakni pada Sabtu 20 Juni 2020.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengingatkan agar calon mahasiswa segera menyelesaikan pendaftaran hingga tahap cetak kartu.

Pasalnya, hingga Selasa (16/6/2020) pukul 20.00 WIB, sebanyak 682.676 calon mahasiswa baru sampai pada tahap memilih Pusat UTBK, namun belum menyelesaikan proses pendaftaran hingga ke tahap cetak kartu peserta UTBK-SBMPTN 2020.

Baca juga: Link dan Cara Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020

"Hallo, Calon Mahasiswa Indonesia! Tinggal menghitung hari sampai pendaftaran UTBK 2020 ditutup. Ayo segera lengkapi data pendaftaran sampai cetak kartu. Jangan sampai ketinggalan ya!" tulis LTMPT di laman Instagram, Rabu (16/6/2020).

LTMPT juga berpesan untuk calon mahasiswa yang belum menyelesaikannya untuk tidak menunda untuk menyelesaikan proses pendaftaran, termasuk soal pilihan pusat UTBK.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Perlu diingat juga, untuk pemilihan pusat UTBK direkomendasikan untuk memilih yang paling dekat dengan tempat tinggal peserta. Tetap semangat dan jaga kesehatan!" lanjut LTMPT.

Baca juga: Mendikbud: Perguruan Tinggi di Semua Zona Dilarang Kuliah Tatap Muka

Untuk ketentuan cetak kartu, LTMPT menjelaskan bahwa calon mahasiswa bisa mencetak kartu menggunakan kertas HVS beragam ukuran. Lalu, pastikan hasil cetakan jelas, sehingga tulisan dan barcode bisa terbaca.

"Lantas jangan lupa download, simpan, dan cetak kartu pesertanya. Kartu peserta UTBK bisa di-print di kertas HVS dengan ukuran bebas, asal hasilnya terlihat jelas, serta pastikan tulisan dan barcode-nya terbaca," tulis LTMPT pada hari sebelumnya.

Berikut informasi Data Statistik Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 hingga Selasa 16 Juni 2020:

  • Jumlah peserta telah memilih Pusat UTBK: 682.676
  • Jumlah peserta selesai proses Pendaftaran (Cetak Kartu): 626.363 (terdiri dari jumlah peserta reguler 493.415 dan peserta KIP Kuliah 132.948)

Baca juga: Beasiswa D3 Angkasa Pura I, Kuliah Gratis dan Dapat Uang Saku

Pastikan pengisian data sudah benar, termasuk pilihan pusat UTBK dan data disabilitas (tunanetra/tunadaksa). Jika sudah simpan permanen (cetak kartu) data sudah tidak dapat diubah lagi.

Terkait dengan KIP Kuliah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) untuk jalur SBMPTN 2020 hingga 19 Juni 2020.

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh penerima KIP Kuliah, yaitu bantuan biaya pendaftaran ke universitas atau politeknik, biaya pendidikan, hingga biaya hidup setiap bulan sebesar Rp 700.000 (tujuh ratus ribu rupiah) selama menjalani masa kuliah.

Baca juga: Link dan Cara Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SBMPTN 2020

Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, maka calon mahasiswa perlu mendaftar KIP Kuliah dahulu untuk mendapatkan nomor peserta KIP Kuliah yang diperlukan dalam proses pendaftaran universitas maupun politeknik.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.